Anak-anak antusias mengunjungi lapak baca yang digelar Forum Pegiat Literasi Padang Panajng. foto FPLP

Padangpanjang – Gencarnya gerakan literasi di Kota Serambi Mekah Padangpanjang mengundang ketertarikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis, untuk datang langsung ke kota itu.

Tidak sendirian, Alwis membawa Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI) Wilayah Sumatera Barat, Datuk Drs. Basri Syafrizal dan Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Januarisdi.

“Kami mengikuti perkembangan gerakan literasi di Padangpanjang. Sebagai bentuk apresiasi, kami datang memberi dukungan,” kata Alwis di sela-sela kegiatan Lapak Baca yang dibentang Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padangpanjang, Ahad (13/8), sore, di halaman Kampus STAI Imam Bonjol Padangpanjang.

Lapak Baca itu diramaikan anak-anak dan remaja yang berdomisili di sekitar lokasi. Diniyyah Puteri, pesantren khusus putri yang berdekatan kampusnya dengan lokasi Lapak Baca juga mengutus puluhan santri untuk ikut meramaikan kegiatan itu.

“Ini luar biasa. Saya melihat anak-anak dan remaja sangat antusias membaca buku,” kata Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Januarisdi.