Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriyah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar lomba pidato dakwah terhadap pelajar, di Masjid Surau Godang, Kunci Loyang di komplek kantor bupati, Bukik Limau, Sarilamak, kemaren.

Ketua PHBI, Zulkifli, S,Pd M.M Dt Rajo Mangkuto mengatakan, kegiatan ini diikuti puluhan pelajar yang terdiri dari 19 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten itu. Menurutnya, kegiatan ini selain bentuk peringatan 1 Muharram juga diharapkan bisa memupuk keberanian para peserta untuk bisa tampil percaya diri tampil didepan umum.

“Terpenting bagaimana kita bisa memahami makna dari tahun baru Islam, lebih dari itu dengan digelarnya kegiatan ini juga bisa menguatkan rasa percaya diri bagi para peserta untuk berbicara didepan umum tanpa gemetaran,”ujarnya.

Dikatakannya, berbagai kegiatan seperti ini pelajar yang nantinya merupakan calon-calon pemimimpin masa datang ini tidak kelabakan tampil di berbagai forum. “Dengan demikian jika mereka diminta mendadak menyampaikan gagasan atau pemikirannya, maka dengan mudah mereka akan mampu menyampaikan aspirasinya. Intinya, jangan bermimpi menjadi pemimpin kalau tak mampu berbicara didepan umum,”ungkapnya

Selain itu, sebutnya pidato dakwah ini juga mempu meningkatkan kemampuan serta potensi siswa yang mempunyai keahlian dalam Retorika melalui pidato.”Dengan Kemampuan anak dalam berpidato atau berbicara seperti ini di depan umum dapat membantu dalam mencapai karir yang baik, serta melatih kepercayaan diri dan berbahasa,” tambahnya.

Para peserta bukan hanya berlomba atau berkompetisi saja namun kita juga dapat melihat semangat dari semua peserta dalam menyerukan ajaran agama melalui perlombaan dakwah pidato dengan gaya nya masing-masing.

Dijelaskan Zulkifli lomba dakwah yang baru pertama kali digelar di Kabupaten itu nantinya bakal menjadi kegiatan rutin, tidak hanya itu PHBI juga bakal menggelar lomba penyelenggaraan jenazah, lombah kutbah Jumat, berseta kegiatan lainnya. “Karena persoalan tersebut sangat dibutuhkan pada zaman sekarang. Untuk itu, kita berharap semua pihak ikut membantu,”harapnya.

Pada lomba Pidato Dakwah ini, untuk juara pertama putra terpilih M Rabil Septinas asal SMAN 2 Payakumbuh, kedua siswa MAN Padang Japang Rahmatul Rahmadhan, dan Juara ketiga M Zaqariyah siswa SMAN lareh Sago Halaban. Kemudian, untuk jura kategori putri, juara pertama diraih Shalsabila Fitri siswi SMAN 2 Payakumbuh, kemudian Fiha Salamah siswi Ponpes Al kautsar, selanjutnya juara ketiga diraih Rima Hendri Yani, siswi SMAN Lareh Sago Halaban.

“Masing-masing pemenang berhak meraih hadiah Tabanas, tropi dan piagam penghargaan bantuan dari Pemkab Limapuluh Kota, walikota dan ketua DPRD Payakumbuh bersama PHBI Limapuluh Kota. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu memberikan dampak positif dalam membangun kesadaran untuk membudayakan nilai-nilai agama Islam,”pungkasnya.(relis)