26 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peringatan Peristiwa Lurah Kincia Situjuah meriah
P

- Advertisement -

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com-Enam Puluh Delapan tahun sudah kisah subuh berdarah di lurah kincir Situjuh berlalu. Setiap tahun kisah pedih dalam mempertahankan NKRI ini selalu di peringati.Beragam kegiatan di adakan dalam rangka peringatan sejarah yang di kenal dengan Peristiwa Situjuh ini.

Rangkaian acara peringatan peristiwa Situjuah Batua tahun 2017 berlangsung meriah. Selain melaksanakan upacara, peringatan peristiwa bersejarah 68 tahun silam itu juga menampilkan pagelaran visualisasi konfigurasi pejuang kemerdekaan oleh seribu orang siswa pembawa bendera merah putih.

Bahkan sejak seminggu sebelumnya anak nagari setempat juga lakukan berbagai kegiatan perlombaan di bidang kesenian, budaya dan agama yang terkait dengan perjuangan dalam peristiwa Situjuah. Para tokoh masyarakat setempat mengaku peringatan peristiwa Situjuah kali ini jauh meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Tidak saja menggelar berbagai kegiatan perlombaan dan parade NKRI, dalam peringatan peristiwa Situjuah tahun ini masyarakat juga mengibarkan bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing,” ujar salah seorang tokoh masyarakat Situjuah Don Vesky Dt. Tan Marajo yang dianggukan para tokoh masyarakat lainnya di sela upacara peringatan peristiwa Situjuah di Lapangan Khatib Sulaiman Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Minggu (15/1).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img