Pelalawan.BeritaSumbar.com,-Ribuan botol minuman keras berbagai merek terkenal dan barang ilegal lainnya yang dimasukan ke wilayah Polres Pelalawan berhasil digagalkan Kodim 0313/KPR bersama Polair Polda Riau di Jalan Lintas Bono Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau, Senin (16/04) kemaren.

Keberhasilan pengungkapan barang ilegal tersebut berawal dari informasi yang diterima bersama antara Intel Kodim 0313/KPR dan Tim Gakum Polda Riau. Hal tersebut dikatakan Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dalam Pers Release yang didampingi Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0313/KPR Mayor Untung, Kasat Reskrim AKP Teddy Ardian di Mapolres Pelalawan Riau, Rabu (18/04).

“Pengungkapan ini berawal dari informasi yang diterima Tim Gakum Polda Riau bahwasanya akan ada barang ilegal yang masuk ke wilayah Polda Riau melalui jalur Sungai Kampar yang juga diterima Tim Intel Kodim 0313/KPR. Kedua tim bertemu dilokasi dan melakukan kegiatan yang sama sehingga dibuat kesepakatan untuk melakukan penindakan bersama”, katanya.

Dari pengecekan kedua tim di Pelabuhan Teluk Keladi Kecamatan Teluk Meranti tempat barang ilegal tersebut dibongkar ternyata tidak ada lagi aktivitas, sehingga kedua tim melakukan penyisiran di sepanjang jalan Lintas Bono Teluk Meranti dan ditemukan 3 truck yang dicurigai membawa barang ilegal tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan muatan ketiga truck tersebut ternyata benar ditemukan beberapa jenis barang seperti minuman keras, rokok, Oli dan berbagai jenis barang lainnya. Kemudian kedua tim sepakat membawa ketiga truk tersebut ke Mapolres Pelalawan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut”, ungkap Kapolres Kaswandi.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut isi muatan ketiga truk yang disaksikan ketiga supir ditemukan sebanyak 7884 botol minuman keras berbagai merek, rokok Red Black 2150 Slop, 533 dirigen Oli merk Suniso dan barang lainnya.

“Dari temuan ini diduga ada pelanggaran tindak pidana perlindungan konsumen dan undang-undang tentang bea cukai. Untuk saat ini perkara akan disidik oleh Satreskrim Polres Pelalawan”, jelas Kaswandi.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk keterpaduan dan sinergitas antara TNI dan Polri dalam bentuk kegiatan bersama dilapangan melakukan penindakan memberantas kejahatan penyelundupan barang-barang ilegal.(eman)