Walikota Payakumbuh Tanda Tangani Berita Acara Serah Terima Hasil Kerja TMMD Ke 100 Tahun 2017

Payakumbuh–TNI Kuat Bersama Rakyat. Inilah slogan HUT TNI Ke 72 Tahun 2017 yang dirangkai denngan pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang Ke 100 di wilayah kerja Kodim 0306/50 Kota. Tepatnya di Kelurahan Ampangan Kapalo Koto, Kec. Payakumbuh Selatan. Adapun sasaran TMMD kalli ini berupa pembangunan fisik dengan dibukanya jalan sepanjang 1.200 meter yang menghubungkan negeri itu dengan Jorong Sibabu-kabu Kec. Luak Kab. 50 Kota. Pembangunan fisik juga dilaksanakan TNI dengan pelaksanaan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 2 buah rumah. Pembangunan non fisik juga dilaksanakan dengan pemberian penyuluhan masyarakat yang dilakukan TNI, Polri, Kemenag dan OPD terkait. Proses TMMD Ke 100 ini melibatkan 125 personil TNI, 10 personil polri dan 15 orang Asistensi pendamping. Kegiatan ini sebelumnya telah diawali dengan Pra TMMD pada tanggal 19 s/d 26 September 2017, dan TMMD itu sendiri dilaksanakan tanggal tanggal 27 September s/d 26 Oktober 2017. Kegiatan TMMD yang dikoordinir langsung Dandim 0306/50 Kota, Heri Sumitro, tampa terasa hari ini merupakan penutupan kegiatan bhakti TNI kepada masyarakat.

Dansatgas TMMD Ke 100 Tahun 2017, Heri Sumitro melaporkan pelaksanaan TMMD kepada Kasad TNI yang diwakili Aslog Kasad, Irwan yang sekaligus sebagai Inspektur Upacara Penutupan TMMD Ke 100 tahun 2017

Pelaksanaan penutupan TMMD Ke 100 dilaksanakan dengan upacara yang dipusatkan di Lapangan Sari Bulan Kelurahan Sawah Padang Kec. Payakumbuh Selatan yang dihadiri langsung Kasad TNI yang diwakili Aslog TNI Kasad TNI, Irwan, Gubernur diwakili Kepala Perberdayaan Masyarakat Desa, Syafrizal, Danrem 032/WB, Agus Bakti Fadjari, Danlantamal diwakili Aspers, Qomarudin, Danlanud Sutan Syahrir, Eko Sujakmiko, Kapolda diwakili DJ. Hartono yang hadir bersama Forkopimda Pemprov Sumbar.

Penutupan TMMD Ke 100 ini juga langsung dihadiri Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Kapolres, Kuswoto, Kajari, Kepala Kankemenag, Danyon, Dan Denzipur, Pimpinan OPD, Persit, tokoh masyarakat dan para undangan.

Menutup TMMD yang dibuktikan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil TMMD oleh Dan Satgas TMMD, Heri Sumitro kepada Walikota, Riza Falepi dan diketahui langsung Kasad TNI diwakili Aslog Kasad, Irwan.

Dalam sambutannya, Aslog Kasad TNI, Irwan membacakan amanat Kasad TNI, Mulyono yang sedang melakukan penutupan TMMD ke 100 nasional di Bengkulu. Dalam amanat ini Kasad TNI menyebutkan bahwa kepercayaan rakyat terhadap TNI semakin meningkat dan membaik yaitu 94 % dan meningkat dibandingkan tahun lalu. Dalam mempertahankan citra ini, Kasad mengharapkan TNI di seluruh tanah air dan yang sedang bertugas di luar negeri supaya selalu menjaga semangat manunggal bersama rakyat.

Terkait TMMD Ke 100 Tahun 2017 baik pembangunan fisik dan pembangunan non fisik, Kasad TNI menyampaikan pesan kepada TNI dan masyarakat supaya, “mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Meningkat semangat gotong royong sebagai nilai luhur bangsa, dalam rangka mempertahankan NKRI. Memelihara hasil dari TMMD baik fisik dan non fisik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan penuh oleh masyarakat dalam kurun waktu yang lama. Laksanakan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD Ke 100 Tahun 2017. Kepada ersonil TNI, polri, asistensi dan masyarakat yang tidak bisa disebutkan, kami ucapkan terima kasih, dan mohon maaf kalo ada yang kurang berkenan,” Irwan bacakan amanat Kasad TNI.

Ucapan terima kasih terhadap pelaksanan TMMD Ke 100 yang dipsatkan di Kec. Payakumbuh Selatan, tokoh adat masyarakat setempat, YB. Dt. Parmato Alam yang sekaligus Ketua DPRD Kota Payakumbuh, sampaikan ucapan terima kasih.

” Melalui Aslog Kasad TNI Bapak Irwan, Kami sebagai perwakilan masyarakat Kec. Payakumbuh selatan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Semoga semua bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dinilai sebagai ibadah. Pekerjaan selesai disaat dana belum cair, Kami salut dengan TNI,” ucap YB. Dt. Parmato Alam.

Ucapan senada juga disampaikan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi.

“Dandim 0306/50 Kota, H. Heri Sumitro bersama kesatuan selama ini sangat giat membantu kelancaran pembangunan di Kota Payakumbuh, khusnya kegiatan yang kita laksanakan saat ini. Pastinya akses jalan yang dibangun tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan kesejahteraan. Insyaallah tahun depan akan dilanjutkan pengerasan dan pengaspalan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada masyarakat Ampangan Kapalo Koto yang telah bersedia mengorbankan lahannya untuk kepentingan bersama. Semoga Dandim 03-6/50 Kota yang dikabarkan akan pindah tugas ke Bandung, sukses selalu,” tukuk Riza Falepi.

Momen Penutupan TMMD Ke 100 Tahun 2017, TNI serahkan bantuan kepada masyarakat Kelurahan Ampangan Kapolo Koto Kec. Payakumbuh Selatan

Penutupan TMMD Ke 100 di Lapangn Sari Bulan juga dirangkai dengan penampilan Merching Band TNI AD kesatuan Denzipur Padang Mangatas, kegiatan donor darah, berbagi buah hasil swasembada pangan dan bazar murah kuliner Payakumbuh. Kegiatan ini berakhir dengan makan bajamba bersama warga di lokasi pelaksanaan TMMD Ke 100 Tahun 2017.ul