foto Wahyu Uliadi
Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Tiaka periode 2018-2023 dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan di kantor KAN Bali Batimah Nagari Tiaka Payakumbuh Timur pada Sabtu 3/3.
Pengukuhan dan Pelantikan KAN ini dihadiri oleh Pucuak Undang Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Forkopimda, Ketua LKAAM, W. Dt. Paduko Basa Marajo, MUI, Kepala OPD terkait, Camat Payakumbuh Timur, L.Kefrinasdi, Lurah dan Niniak Mamak Bundo Kanduang pemuka masyarakat dan tamu undangan lainnya.
Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan, Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan suatu lembaga adat Minangkabau di Tingkat Nagari yang bertugas sebagai pelaku dan pelestari adat dan budaya Minangkabau, Oleh sebab itu Niniak Mamak disemua tingkat bersama bundo kanduang mempunayi peran sentral dalam keluarga, kaum dan suku dan kewenangan membina, mengayomi dan mengadili masalah adat secara otonom, sebagaimana diterima secara turun temurun, “ungkap Erwin.
Wawako juga menyampaikan, Pemerintah Kota Payakumbuh telah melakukan koordinasi untuk mensinergikan program pemerintah, pelaksanaan pembangunan, serta pengayoman kepada masyarakat baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun peran aktif dari Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Kemasayarakatan, dalam pencapaian tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Nagari dan Daerah yang Madani,
“Pemerintah Daerah juga dirasa perlu melakukan upaya-upaya dalam rangka mendukung fungsi kelembagaan adat dalam memenuhi kepentingan masyarakat dan berupaya dalam mensukseskan pembangunan serta penguatan KAN, “kata Wawako Erwin.
Wawako juga berharap, ditengah arus globalisasi yang ditandai dengan adanya dampak positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat kota sampai ke nagari,
“Derasnya arus globalisasi tentu juga mempunyai pengaruh terhadap adat dan budaya daerah, diantara dampak negatif globalisasi itu antara lain terjadinya pergeseran nilai-nilai, seperti adanya kecendrungan melunturnya rasa kekerabatan, dalam kondisi seperti ini peran niniak mamak dan lembaga adat sangat penting untuk memberikan pelurusan dan pemahaman nilai adat dan budaya bagi generasi muda, “harap Erwin Yunas.
Pada kesempatan ini Wawako menyampaikan selamat atas pengukuhan dan pelantikan Sdr. Arizal Arda Dt. Podo Nan Putiah sebagai Ketua KAN beserta Pengurus KAN Tiaka periode 2018 s/d 2023. Semoga diberi kekuatan dan kemampuan oleh Yang Maha Kuasa dalam menjalankan Amanah ini,
“kami atas nama masyarakat Kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih kepada SR.Dt. Andikorajo sebagai Ketua KAN Tiaka beserta Pengurus KAN Tiaka periode Tahun 2011 s/d 2017 yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran dalam menjalankan tugas dan fungsi KAN sebagaimana mestinya, mengayomi dan membimbing anak kemenakan serta masyarakat di Kenagarian Tiaka. semoga amalan telah diperbuat menjadi amal ibadah disisi Allah SWT, “pungkas Wawako.(*)