BOGOR ,BeritaSumbar.com,- Gempa bumi 7,4 SR dan tsunami melanda bumi Donggala, Palu, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018. Tercatat 2.045 orang meninggal dunia dan 82.775 orang mengungsi (berdasarkan data BNPB).

Sebagai bentuk solidaritas Penerima Manfaat (PM) Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) Dompet Dhuafa angkatan VII yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Kemanusiaan lintas organisasi kepemudaan/mahasiswa berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa Pendidikan mengadakan kegiatan Kotak Donasi Keliling Kota pada 1 hingga 8 Oktober 2018 di beberapa kota besar di Indonesia melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban saudara-saudara di Kota Palu dan Donggala.

Bertajuk DO[NATION] for Palu: Satu Bersama Palu, Asa Untuk Donggala, para PM BAKTI NUSA angkatan VII bersatu padu memberikan yang terbaik untuk para korban. Dalam aksinya para PM BAKTI NUSA VII ini tak hanya sekadar berkeliling melainkan juga melakukan pertunjukan teatrikal sehingga menjadi perhatian khalayak ramai.

Joko Susilo seorang mahasiswa FISIP UGM, PM BAKTI NUSA angkatan VII mengatakan bahwa donasi keliling yang mereka lakukan merupakan wujud kepedulian dan tenggang rasa sebagai sesama manusia.

“Bantuan yang kami himpun nantinya akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa Pendidikan. Ini adalah bukti kasih mereka kepada saudara-saudara yang ada di Palu,” ujar Joko. “Alhamdulillah kami telah menghimpun donasi sebanyak Rp 17.611.091.Walau mungkin jumlahnya tak banyak tapi kami, para penerima manfaat BAKTI NUSA, senang bisa bergerak dan menggerakan masyarakat memberikan dukungan doa serta dana,” tambahnya.

Dia pun berharap donasi yang terkumpul akan berguna untuk meringankan beban para korban di Palu dan Donggala. (AR)