Surabaya- Senin (13/05) penerima manfaat BAKTI NUSA wilayah Surabaya melakukan kunjungan kepada Prof. Ir. Joni Hermana, M. Sc ES., Ph D (Prof. Joni). Beliau adalah guru besar di Departemen Teknik Lingkungan ITS Surabaya yang baru saja melepas masa jabatan sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) periode 2015-2019.

Selama menjabat sebagai Rektor ITS, Prof. Joni banyak memberikan karya di kampus ITS. Salah satunya ialah ITS diresmikan menjadi kampus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Meskipun satutus ITS masih tergolong muda jika dibandingkan 10 kampus PTNBH lainnya, namun di bawah kepemimpinan beliau ITS mendapat predikat PTNBH terbaik di Indonesia.

Pada siang itu, Prof. Joni berbagi ilmu kepada PM Bakti Nusa Surabaya tentang seni kepemimpinan yang beliau sebut dengan “Leadership by heart”.

“Ya, seseorang di katakan berintregitas jika dia bekerja sungguh-sungguh semaksimal yang dia mampu tidak bergantung penilaian dari manusia, apalagi hanya untuk sekedar mengharap pujian atau hadiah” kata beliau.

“Dengan sentuhan spiritual, ikatan antar pemimpin dengan yang dipimpin bukan lagi hanya sekedar memerintah atau mengerjakan perintah. Tapi, akan ada ikatan hati yang saling terpaut dalam berfastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan).  Melakukan masing-masing amanah dengan hati yang tulus, dengan ikhlas” lanjut Prof Joni.

Prof. Joni yang sering dipanggil sebagai “bapaknya mahasiswa ITS” menjelaskan bahwa kunci dari leadership by heart adalah sentuhan spritual yang menumbuhkan rasa ikhlas dan integritas dalam berkarya pada masing-masing anggota dalam team work.

“Jika kita bekerja untuk mendapatkan keuntungan dunia semata, tidak akan pernah ada rasa cukupnya. Bekerjalah karena ada Allah Yang Maha Melihat, niscaya balasan ketenangan hati dan keberkahan hidup akan kita peroleh sewaktu di dunia dan balasan terbaik yang nilainya tak terbatas semoga kita dapatkan di surga-Nya nanti” pungkas Prof. Joni. (BA)