Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menyiapkan pasar kuliner skala besar untuk menjual hidangan berbuka puasa atau “Pabukoan” bagi masyarakat di daerah itu selama Ramadhan mendatang.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Industri, Perdagangan Kota Payakumbuh Dahler di Payakumbuh, Jumat, mengatakan rencananya pasar kuliner tersebut di Jalan Sutan Usman Kota Payakumbuh, dengan perkiraan sekitar 200 pedagang yang akan berjualan.

Selama Ramadhan, katanya, ruas jalan tersebut akan ditutup untuk kendaraan roda empat sejak pukul 15.00 WIB hingga waktu berbuka.

Pada petang hingga malam hari, pemkot akan memfasilitasi tenda dan lampu penerangan untuk pedagang agar bisa berjualan dengan nyaman.

“Saat ini para pedagang yang akan berjualan dalam pasar tersebut telah terdaftar dalam data kami dan semuanya telah memenuhi kuota yang ditetapkan,” katanya.

Dia menyebutkan batas pendaftaran bagi pedagang yang ingin berjualan di tempat itu, telah usai
Meskipun begitu, katanya, hingga saat ini masih ada pedagang yang masih ingin mendaftar.

Untuk itu, pihaknya sedang mencarikan solusi terbaik, agar puluhan pedagang yang belum tertampung itu, juga dapat ikut berjualan di kawasan Pasar Kuliner Pabukoan tersebut.

“Pedagang nantinya diberi kebebasan untuk berjualan makanan dalam pasar tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan data pedagang yang mendaftar tersebut, terdapat beragam kuliner yang siap dijual di tempat itu, antara lain kolak, es tebak, lamang tapai, cendol, hingga sambal lauk pauk.

Salah seorang Warga Payakumbuh, Dasmawati, mengatakan keberadaan pasar kuliner tersebut membantunya untuk mempersiapkan menu berbuka.

Sebab, dirinya dalam keseharian selalu disibukkan oleh pekerjaan sehingga kurang memiliki waktu untuk memasak sendiri.

Selain itu, dengan adanya pasar kuliner tersebut, masyarakat dapat memilih menu makanannya dengan beragam pilihan.

 

[Ant/Oleh M.R. Denya Utama]