Pariaman,Beritasumbar.com-Bertempat di Balairung rumah dinas walikota, Pemko Pariaman gelar lomba bayi dan balita sehat. Acara yang bertujuan untuk menciptakan sumber Insani yang berkualitas melalui upaya pembinaan serta pengembangan anak diadakan pada Senin 1/7.

Peserta lomba berjumlah 15 orang bayi dan balita yang merupakan pemenang lomba bayi dan balita sehat yang sebelumnya digelar oleh wilayah UPTD masing-masing Puskesmas Kecamatan se-Kota Pariaman.

Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius, dalam membuka acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang diadakan tersebut, semoga berawal dari kegiatan ini tentunya akan menghasilkan SDM yang berkualitas dan tentunya sangat diperlukan dalam pembangunan Kota Pariaman kedepannya,”ungkapnya.

Lomba ini dilakukan untuk memotivasi para orangtua dengan tujuan mempersiapkan manusia Indonesia yang sehat dan produktif, meningkatkan pengetahuan orangtua dalam tumbuh kembang anak, memperhatikan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat

Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ortu balita yang telah memberikan pola asuh yang baik pada putra putrinya sehingga dapat menghasilkan putra putri terbaik dan meningkatkan derajat kesehatan bayi dan balita sebagai upaya mendukung Kota Pariaman sebagai kota layak anak dan ramah anak.

“Saya mengajak seluruh orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik pada balita melalui pola asuh yang benar, dan pemenuhan gizi balita yang cukup, karena Anak-anak adalah generasi penerus kita dimasa yang akan datang, maka dari itu sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan anak,” imbuhnya.

Sebelum acara penilaian dilakukan, Ketua pelaksana, Delri Soni menyebutkan lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu bayi usia 6-11 bulan dan balita usia 12-24 bulan. Juri penilai berasal dari PKK, BKBPP, dokter-dokter, Psikolog, bidan, ahli gizi, dsb.

Dalam lomba ini, kriteria penilaian dilihat dari penilaian status bayi, balita dan orang tua, penilaian riwayat imunisasi, antropometri, pemeriksaan fisik, gigi dan mulut, kesehatan lingkungan serta penilaian tumbuh kembang balita, pemeriksaan kesehatan fisik, wawancara kepada orang tua peserta, wawancara lintas sektor dan lingkungan sosial.

Untuk kategori balita, Juara I diraih oleh Alya Keysha Islami (binaan Puskesmas Santok) dengan nilai 95.30, Juara II Naifa Attila Fadwa (binaan Puskesmas Kuraitaji) dengan nilai 94.06 dan Juara III diraih Kinara (binaan Puskesmas Sikapak) dengan nilai 93.19.

Dan untuk kategori bayi, Juara I diraih Reysa Adza (binaan Puskesmas Kuraitaji) dengan nilai 95.71, Juara II diraih Abil Shidiq (binaan Puskesmas Sikapak) dengan nilai 95.16 dan Juara III diraih Muhammad El Yusuf (binaan Puskesmas Naras) dengan nilai 91.78.(syamsul)

loading...