Pasar Ibuah Blok Timur terus dibenahi Pemko Payakumbuh. Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, melalui dana alokasi khusus (DAK) atau APBN Rp 1,6 miliyar, plus dana pendamping APBD Rp 160 juta, melakukan repitalisasi kios dan los tahap lima, buat 76 pedagang. Pekerjaan kegiatan ini telah dilakukan dalam bulan Ramadhan baru lalu. Hingga sekarang, sudah mendekati 40 persen.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, Dahler, SH didampingi Kabid Pengelola Pasar Agus Rubiono, S.Sos, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, repitalisasi kios dan los itu dilakukan, karena kondisi bangunan lama yang sudah tua dan tak layak ditempati pedagang. Peruntukkan bangunan itu, tetap diberikan kepada pedagang sebelumnya.

Selain membangun fisik, berupa 12 unit  kios serta 64 petak  los, sesuai peraturan berlaku, prasarana berdagang buat pedagang UMKM ini, juga dilengkapi dengan prasarana umum, berupa mushalla, MCK dan ruang kesehatan. Repatilisasi bangunan ini, dikatakan, bakal mempercantik pasar tradisional Pasar Ibuah Payakumbuh, yang sudah menyandang predikat pasar sehat.

 Kios dan los yang tengah dibangun itu, umumnya ditempati pedagang ikan kering dan cabe serta pedagang pupuk dan obat-obatan pertanian, selain pedanag bahan keperluan dapur lainnya.  Bangunan los yang akan ditempati 64 pedagang, akan dilengkapi dengan rolling door, sehingga nyaman untuk ditempati. Selama ini, bangunan los tersebut tidak dilengkapi pintu, tambah Agus Rubiono.

 Sementara bangunan itu dikerjakan, ke-76 pedagang yang selama ini berjualan pada bangunan lama itu,  untuk sementara dialihkan ke   kios darurat di areal perparkiran Pasar Ibuah Timur. Sesuai jadwal, mudah-mudahan bangunan dimaksud rampung hingga tiga bulan ke depan, simpul Dahler.