Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,– Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memastikan ketersedian pangan di Kabupaten Pesisir Selatan aman jelang Ramadan tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, untuk memastikan hal tersebut saat ini pihak telah menyiapkan sebanyak 200 ton stok beras di Bulog.

“Saat ini sekitar 200 ton beras ini kita titip di Gudang Bulog Sago. Salah satunya untuk mencegah kekurangan, supaya stok pangan kita aman jelang Ramadan dan sesudahnya,” kata Erizon di Painan, Selasa (26/3)

Ia menyebutkan, adanya ketersedian pangan tersebut merupakan antisipasi terjadi kekurangan akibat pengaruh cuaca. Sebab, Ramadan tahun ini diprediksi rawan musim hujan dan dikhawatirkan akan menjadi ancaman terhadap stok pangan.

“Karena kita tahu, Ramadan tahun ini diprediksi rawan musim hujan, sehingga kita pastikan dengan persiapan ini akan mencukupi nantinya,” sebutnya.

Menurutnya, selain memastikan ketersedian stok pangan, pihaknya juga mengantisipasi penumpukan barang. Sebab, jika terjadi penumpukan barang akan berpengaruh terhadap kenaikan harga.

“Kalau terjadi kenaikan harga, maka kita akan lakukan operasi pasar. Tergantung situasi nanti, jadi dihimbau kepada distributor untuk tidak ada penumpukan barang,” terangnya.

Lanjutnya, dalam menekan inflasi pihaknya menyarankan masyarakat agar untuk mempersiapkan kebutuhan tidak berlebihan. Sebab, adanya pengeluaran yang besar sangat berpengaruh terhadap tingginya inflasi.

“Ya, ini setiap Ramadan selalu kita mengimbau kepada warga untuk tidak berlebihan dalam berbelanja. Karena dalam bulan Ramadan yang pertamakali kita persiapkan ialah mental,”tutupnya.(pesisirselatankab.go.id)

loading...