Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kata “Rendang” tak lagi asing di telinga masyarakat baik lokal maupun mancanegara, dimana yang sudah kita tahu bahwa masakan Rendang ini adalah salah satu khas Ranah Minang.Ada yang menyebut rendang dan ada yang menyebut Randang. Tergantung dimana lidah masyarakat fasih menyebut makanan khas Ranah Minang ini saja.

Asal usul Randang itu sendiri yaitu berasal dari Sumatera Barat yang khususnya Minangkabau,Randang itu sendiri sudah ada sejak lama dimana sudah menjadi tradisi masyarakat Minang untuk menyuguhkan atau menghidangkan Randang pada acara adat dan juga bisa di jadikan masakan keseharian. Makanan/kuliner satu ini disebut randang karena dimasak sampai kering.

Di mancanegarapun Rendang sudah tidak asing lagi bahwa rasa dari salah satu masakan khas Minang ini sangatlah lezat dan gurih, lebih enak saat disantap bersama keluarga. Dan kini kota Payakumbuh yang biasanya dikenal dengan berbagai makanan khas seperti, Batiah,Randang Telur, bareh randang dan banyak lagi yang lainnya, sekarang membuat inovasi baru dengan  branding “Payakumbuh The City Of Randang”  disini mereka membuat beberapa varian seperti Rendang daging sebagai menu utama , randang paru , randang lokan, randang jamur dan berbagai macam randang lainnya dengan packaging yang lebih modern dan lebih menarik.

Salah satu kemasan menarik dan bisa dijual dengan harga terjangkau yaitu Randang sachet. Kemasan ini lebih praktis untuk dibawa kemana-mana dan juga terjangkau untuk anak kos yang malas atau tidak sempat memasak.Dan beberapa outlet Randang yang ada di Kota Payakumbuh sudah menyediakan kuliner ini dalam bentuk kemasan sachet. Bahkan sudah ada yang di kirim kemancanegara.

Beberapa waktu lalu,Wakil walikota Payakumbuh Erwin Yunaz memberi kabar gembira kepada wanita ataupun pria yang ingin mengetahui dan ingin belajar memasak masakan khas minang. Kota Payakumbuh akan membuka “School Of Rendang” Di sekolah ini masyarakat yang penasaran dan ingin belajar akan pembuatan randang alias rendang bisa hadir di School Of Randang ini.

Branding Payakumbuh Kota Randang tidak lain karena keinginan melestarikan kuliner khas yang sudah turun temurun ada di daerah ini khususnya Sumatera Barat umumnya,ucap Erwin Yunaz. Dan kedepan akan diterbitkan buku resep Randang dalam berbagai bahasa sebagai penunjang suksesnya Randang Go Internasional.

Penulis: Reskia Hutari Zulfi 
Mahasiswi Universitas Andalas Jurusan Public Relation

Editor : Zal Ambo