Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, memberikan bantuan sebuah truk sampah dengan pola pemilahan  buat Pemko Payakumbuh. Bantuan diberikan  atas prestasi kota ini dalam Penilaian Kinerja Pemerintahan Daerah Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) sub Bidang Cipta Karya, Tahun 2012.

Bantuan truk sampah dari Kementerian PU itu, diterima Kepala Dinas PU Muswendri Evites secara simbolis, berbentuk penyerahan kunci kendaraan kepada  Walikota Payakumbuh Riza Falepi,  usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85, di halaman Balaikota  di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (28/10). Untuk selanjutnya, kendaraan itu diserahkan Walikota Riza kepada Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK) Payakumbuh Ir. Zulinda Kamal.

Dalam kegiatan tahunan PKPD-PU 2012, Payakumbuh keluar sebagai  pemenang kedua. Tahun 2011, dalam kegiatan ini, Payakumbuh berada di urutan ketiga dan menerima hadiah berupa mobil tinja.  Juara pertama dalam kegiatan ini, menerima sebuah eskavator, dan tengah ditunggu Payakumbuh dalam lomba yang sama Tahun 2013 ini.

Walikota Riza Falepi yang dihubungi, Selasa (29/10), membenarkan  Pemko tengah berjuang dalam kegiatan PKPD-PU 2013. Mudah-mudahan Payakumbuh sukses merebut gelar juara pertama, sehingga  Pemko punya eskavator yang selama ini belum dimiliki Dinas PU Payakumbuh. “APBD Payakumbuh belum mampu membeli alat-alat berat bernilai milyaran rupiah itu,” sebut Riza.

Sementara, Kepala DTRK  Zulinda Kamal, mengaku sangat senang mendapatkan tambahan armada truk sampah itu. Apalagi spesifikasi tempat penampungan sampahnya sudah terbilah. Punya ruang buat sampah kering, sampah basah dan ruang  sampah kaleng, botol dan beling.

Dengan tambahan armada itu, DTRK sudah punya 15 truk sampah, 21 becak sampah dan 3 mobil tinja. Armada itu, beroperasi setiap hari mengangkut sampah kota yang sudah mencapai  6 ton/hari.