Agam, BeritaSumbar.com– Ribuan peserta ikuti pawai ta’aruf dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriyah, depan kantor Bupati Agam, Sabtu (15/9).

Pawai ta’aruf diikuti dari kalangan pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, yang dapat lepas oleh Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, didampingi Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Sekda Agam, Martias Wanto dan kepala OPD.

Dari pantauan Beritasumbar.com dilapangan, peserta pawai sudah mulai datang ke lokasi sekitar pukul 07.00 WIB, dengan mengenakan pakaian muslim yang disertakan membawa Al-Quran, disamping kenakan pakaian lain serta alat musik dan lainnya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Agam, Syatria menyebutkan, peserta pawai sejak awal sampai ke lokasi acara, peserta sudah terlihat miliki semangat yang tinggi ikuti kegiatan tersebut

“Sampai di lokasi mereka langsung bentuk barisan, dan memainkan alat musik yang dibawa, seperti drum band, tambua tansa, rebana dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan, Pawai ini juga dinilai, dimana penilaian yang dilakukan seperti, kerapian barisan, simbol keagamaan yang dikenakan dan lainnya.

Rute yang akan ditempuh peserta pawai mulai dari depan kantor Bupati Agam sebagai panggung utama-simpang surau kariang-simpang tembok-simpang tigo bundaran-padang baru dan fungsi bisa depan kantor Bupati Agam.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan demikian jelang peserta pawai dilepas, petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP berjibaku mengamankan lalulintas, agar tidak mengganggu dengan kelancaran sumarak Muharram tersebut.

Sampai finis, peserta pawai dan tamu undangan langsung ditujukan duduk ditenda yang sudah disediakan untuk mengikuti rangkaian acara lainnya.

Kegiatan lain yang ditampilkan seperti, hafidz tingkat SD, paduan suara nyanyi Nagari Madani tingkat SD, pagelaran tambua tansa oleh grup tambua pelajar salingka Danau Maninjau.

“Kegiatan sumarak Muharram ini, sudah dimulai ditingkat nagari dan kecamatan pada 1 Muharram kemaren, ditutup hari ini dengan sumarak Muharram tingkat kabupaten,” ulasnya (fadil)