Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lima Puluh Kota memastikan proses tahapan pemungutan suara pemilu serentak 2019 yang berlangsung pada 17 April 2019 di 1.256 TPS berjalan lancar.

Kendati di Lima Puluh Kota sempat terjadi proses pemungutan suara ulang pada 6 TPS di 5 kecamatan atas rekomendasi Bawaslu, namun lembaga pengawas pemilu tersebut menyatakan proses tersebut berjalan aman dan sukses tanpa gangguan.

Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten yang digelar di aula kantor bupati. Kegiatan rekapitulasi penghitungan suara ini direncanakan bakal berlangsung sampai 5 Mei 2019 mendatang.

Bawaslu Lima Puluh Kota selaku penyelenggara pengawasan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders Pemilu di wilayahnya yang sudah bekerja sama dan memberi dukungan dalam setiap proses tahapan pemilu.

“Pertama apresiasi kita kepada KPU dan seluruh jajaran selaku pelaksana teknis di setiap tahapan Pemilu tahun 2019 ini,” kata Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota, Yoriza Asra, ketika menghadiri kegiatan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten di aula kantor Bupati, kawasan Sarilamak, Jumat (3/5) malam.

Yoriza juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintahan daerah atas dukungan fasilitasi pelaksanaan pemilu 2019. Kemudian, jajaran Polres 50 Kota, Polres Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota dan Kejaksaan Negeri Payakumbuh atas upaya maksimal dalam mengawal dan pengamanan baik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan tahapan pemilu 2019.

“Termasuk pemberian dukungan kepada Bawaslu Lima Puluh Kota atas upaya penegakan hukum di setiap tahapan pemilu. Tentunya juga kepada insan media, organisasi tingkat daerah dan seluruh elemen masyarakat yang telah ikut berpartisipasi bersama Bawaslu, menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019 ini,” tambah Yoriza Asra.

Dalam rangka menjalankan tugas pencegahan dan pengawasan tahapan Pemilu 2019, Bawaslu turut mengimbau seluruh peserta pemilu tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota agar menunggu penetapan secara nasional. Terutama hasil penghitungan suara Pemilu oleh KPU, baik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Kami juga mengajak kita semua, dapat menghindari hal-hal yang dapat memicu ketidakkondusifan situasi di Lima Puluh Kota. Mari sama-sama kita kawal dan pastikan pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini berjalan baik dan kondusif, sesuai amanah konstitusi. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan Pemilu,” imbuh Yoriza Asra. (*/rel)