Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Open Turnament Walinagari Cup 1 Pangkalan di gelar dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda ke 89 oleh pemuda nagari pangkalan. Kamis 9/11 laga final digelar. Jorong Lubuak Nago berhadapan dengan Jorong Pasar Baru dalam memperebutkan podium 1 Walinagari Cup ini.

Dari di bukanya acara ini tanggal 28 oktober 2017 yang lalu antusias masyarakat pangkalan sangat tinggi akan candu olah raga bola kaki.

Laga final Walinagari Cup 1 yang di pimpin wasit Farizon dari PSSI 50 Kota berlansung alot.Babak pertama jorong pasar baru harus memungut bola dua kali dari dalam gawang mereka. Pada babak kedua jorong pasar meningkatkan pola permainan sehingga bisa menyamakan kedudukan 2-2. Di injure time Jorong pasar baru mampu melesatkan goal penentu untuk menjadi juara Walinagari Cup 1 pangkalan ini dengan skor 3-2.

Jonianto S,Stp Camat Pangkalan yang rutin mendampingi acara Walinagari Cup 1 ini mengapresiasi semangat pemuda dalam mengusung turnament ini. “kita acungkan jempol semangat panitia dibawah binaan karang taruna pangkalan bersatu yang bekerjasama dengan pemerintahan Nagari sehingga terwujud dan berjalan sukses acara ini”

Dari awal kita lihat acara selalu ramai oleh masyarakat menonton,imbuh camat muda ini yang terkenal sangat dekat dengan warga ini .

Sementara Hari mandala selaku ketua pelaksana mengatakan “Alhamdulillah acara berjalan dengan baik dari awal pembukaan 28/10 lalu sampai laga final hari ini. 28 club yang bertanding selama open turnament di gelar mampu bermain dengan menjunjung sportifitas tinggi”.

usai acara Alfianto ketua karang taruna “pangkalan bersatu”, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, pemerintahan nagari Pangkalan bersama bamus nagari Pangkalan yang telah mewujudkan aspirasi dari pemuda kenagarian Pangkalan.

“Saat ini suara kami dari pemuda sudah didengar, rencana ini sudah lama Alhamdulillah tahun ini dapat terwujud, melalui teman2 bamus dan pemerintahan nagari pangkalan sudah bisa kami laksanakan, semoga ini adalah langkah awal untuk melahirkan bibit-bibit baru.

Dari 11 club perwakilan jorong yang ada,Kami akan seleksi untuk dapat meningkatkan dan menyalurkan hobi mereka, karena Pangkalan dulu pernah mencatatkan namanya dikancah nasional pada tahun 1980 bermain di Solo berhadapan dengan Ternate dan Persikab Bandung, ada 10 orang pemain dari anak nagari pangkalan yaitunya kakanda Nazlion DKK di bawah bendera Gasliko kab 50 kota waktu itu, dibawah pembinaan bapak Syafrul camat pangkalan Koto Baru dan bapak Almarhum Dainimal Dtk sibijayo tokoh niniak mamak dan bapak Edi top yang telah mengharumkan nama nagari pangkalan,imbuh Alfianto.

Alfianto juga berharap dengan digelarnya acara ini  semoga bisa kembali mambangkik batang tarandam akan semangat olah raga dan dapat juga meminimalisir permasalahan pemuda antar jorong sehingga persatuan dan kesatuan pemuda seluruh jorong ini semakin erat dan merasa memiliki nagari ini.

Pjs Wali nagari pangkalan Zulkifli Lubis, S.Pd usai acara mengatakan”kami sangat salut dan bangga serta mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh jajaran pengurus karang taruna Pangkalan bersatu bersama Panitia pelaksana dan dukungan seluruh dukungan masyarakat nagari Pangkalan Sehingga acara dapat berjalan dengan sukses.

Serta seluruh pemain yang sangat kompak sekali menjaga ketertiban dan sportifitas dalam acara wali nagari cup 1 pangkalan ini dari awal sampai akhir, sehingga tidak ada keributan dan kekacauan, semoga tahun depan dapat kita wujudkan lagi” ucap pak pjs wali nagari ini.(red)