Payakumbuh,beritasumbar.com,- Usaha Walikota Payakumbuh non aktif, Riza Falepi untuk mensosialisasikan menanam bawang merah dua bulan yang lalu mulai membuahkan hasil. Di beberapa titik penanaman terpantau varietas bawang merah tuktuk sudah bisa dipanen.

Disaksikan ratusan masyarakat yang didominasi ibuk ibuk, Riza Falepi melakukan panen perdana di Balai Jariang Payakumbuh Utara Minggu sore (15/01). Lahan yang digarap petani yang bernama Ade itu merupakan salah satu pilot project Riza untuk menggalakkan penanaman bawang secara masal di Payakumbuh.

Riza Falepi bersama masyarakat saat panen perdana
Riza Falepi bersama masyarakat saat panen perdana

Panen sore itu mendapatkan hasil 700 kg dari lahan seluas 20×20 m. “Ini sebenarnya bisa 1 ton, saya lihat saudara Ade agak lebar jaraknya dalam menanam. Jarak antara 10 cm sebenarnya masih bisa. Namun begitu, hasil 700 kg ini sudah memuaskan, duitnya sudah 15 juta itu. Bandingkan kalau kita menanam padi yang hanya dapat satu jutaan,” ujar Riza.

“Selanjutnya penanaman bawang ini akan kita lakukan secara massif di Payakumbuh. Ini baru awal untuk sejahtera. Nanti kita bikin koperasi yang akan menaungi usaha usaha produktif sehingga kita bisa sukses bersama,” pungkas Riza.

Fairizal Ilyas, aktivis petani yang menjadi partner Riza Falepi dalam mengedukasi petani untuk menanam bawang, mengatakan panen kali ini menjadi bukti langkah kongkrit Riza Falepi untuk mensejahterakan masyarakat Payakumbuh. “Sekaligus menepis anggapan bahwa bawang merah tidak bisa ditanam di Payakumbuh,” ujar pemuda yang akrab dipanggil Ical itu.

Ratusan masyarakat yang hadir tampak antusias mendengarkan paparan Riza Falepi. Turut mendampingi Henny Yusnita yang selama ini terus membantu suaminya untuk menyejahterakan masyarakat. Jadwal Henny tidak kalah padat dibandingkan suami tercinta. Ibu tiga anak itu rela tanpa lelah berkunjung dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya untuk menyukseskan gerakan Payakumbuh menanam menuju kesejahteraan.