Kampar,BeritaSumbar.com,- Rabu (18/4) kebakaran terjadi di PT. Rubber Wood Industries Indo yang berlokasi di Jalan Pasir Putih Km 21 Desa Pangkalan Baru Kec. Siak Hulu Kab. Kampar.

Kebakaran terjadi pada bangunan pembuangan abu kayu olahan pabrik, adapun yang terbakar adalah mesin penampung abu yang disedot dari mesin produksi dan sebagian dinding gudang pabrik, ventilasi penyaringan udara pembuangan abu serta beberapa tumpukan kayu yang sudah siap diolah.

Berdasarkan keterangan saksi yang pertama kali mengetahui kejadian ini yaitu sdr. Wandri, bahwa sekitar pukul 13.30 wib dirinya melihat kepulan asap pada box pembuangan abu mesin produksi lalu mematikan mesin boiler.

Kejadian ini juga diketahui oleh saksi lainnya yaitu Junaidi dan Sugianto, mereka berteriak sambil memberitahukan kebakaran hingga beberapa karyawan yang sedang bekerja berdatangan dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Tidak berapa lama datang 4 unit mobil Damkar dari Pemkot Pekanbaru disusul 2 unit Mobil Damkar dari Bangkinang, selang beberapa lama api berhasil dipadamkan.

Pihak Kepolisian dari Polsek Siak Hulu yang mendatangi lokasi kejadian telah melakukan olah TKP, mendata dan meminta keterangan saksi-saksi, memasang police line dan melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran.

Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SIK, MH melalui Kapolsek Siak Hulu Kompol Dedi Suryadi saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Kapolsek bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sementara untuk jumlah kerugian masih dalam penghitungan pihak perusahaan.

Lebih lanjut disampaikan Kapolsek untuk penyebab kebakaran belum dapat dipastikan karena masih dalam penyelidikan, namun berdasarkan keterangan saksi-saksi dugaan sementara munculnya api akibat adanya gesekan antara mesin dengan kayu karet yang sedang diolah, jelasnya.(eman)