BeritaSumbar.com – Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil.

Owi/Butet menjadi kampiun dengan menundukkan pasangan asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, langsung straight set, 21-14 dan 21-12, dalam tempo 43 menit, di laga final.

Untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di pesta olahraga terakbar empat tahunan itu, sejak delapan tahun silam (Olimpiade 2008). Di Olimpiade London (2012) Indonesia gagal mempertahan tradisi emas.

Pasangan nomor tiga dunia tersebut mengaku tidak menyangka berhasil persembahkan emas, dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya tepat di HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

“Saya dan Owi seperti belum percaya bisa juara. Tapi kami sangat bersyukur. Kami berterima kasih buat keluarga, pelatih dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendoakan kami. Akhirnya kami bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia,” kata Butet, seperti dilansir dari laman resmi PBSI, Kamis (18/8).

“Ini kado terindah dari Tuhan. Kado ini saya persembahkan untuk Indonesia bertepatan dengan hari kemerdekaan. Kami bersyukur kepada Tuhan. Terima kasih untuk istri, anak, keluarga, pelatih dan semuanya yang mendukung selama ini,” ungkap Tontowi.

Selain berhasil mengumandangkan Indonesia Raya tepat di HUT kemerdekaan RI, mereka juga berhasil mencatatkan sejarah baru bulutangkis Indonesia. Ini merupakan emas pertama yang diraih di sektor ganda campuran. Terakhir, pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir mempersembahkan medali perak di Olimpiade Beijing.