Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa Irfendi Arbi meresmikan, sekaligus mencanangkan Bulan Bhakti Dasawisma di Kenagarian Tanjung Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Senin (16/4). Ikut Hadir Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Camat Lareh Sago Halaban, Elvi Zein, kepala-kepala OPD, niniak mamak, beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Monalisa mengungkapkan penyelenggaran kegiatan pencanangan Dasawisma ini dapat melahirkan gagasan baru dalam mewujudkan masyarakat Limapuluh Kota khususnya Lareh Sago Halaban yang sadar akan pentingnya dasawisma di tengah-tengah masyarakat.

“Peran Dasawisma sebagai salah satu unit PKK diharapkan dapat mengugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau merubah keadaan kepada yang lebih maju.Karena, PKK merupakan wadah dalam pemberdayaan masyarakat,”ujarnya.

Untuk membuat dasawisma dapat berkembang dan maju dengan baik, dibutuhkan dukungan semua pihak baik pemeritah daerah, tokoh masyarakat, alim ulama, bundo kanduang dan semua elemen di tengah masyarakat. “TP-PKK merupakan mitra kerja pemerintah bila dilihat dari sasaran tujuan, karena 10 program pokok PKK pada prinsipnya sudah mencakup seluruh aspek kehidupan keluarga. Sementara, kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak untuk menggerakkan terlaksananya kegiatan ini,”tambahnya.

Adapun dari tugas kelompok Dasawisma ini adalah mencatat warga yang menjadi peserta kelompok kegiatan, menyampaikan pengumuman dan seruan dari TP-PKK Nagari serta menggerakkan untuk mematuhinya, membina pelaksanaan 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh keluarga, membina persatuan dan kesatuan serta kegotong royongan, menyampaikan usul masyarakat sesuai dengan masalah dan kebutuhan warga terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskannya, setelah pencanangan bulan bhakti dasawisma ini diharapkan semua kelompok dasawisma yang ada semakin mampu bersinergi dan berkerjasama dengan dinas,instansi,lembaga pemberdayaan masyarakat setempat.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam arahannya mengatakan pelaksanaan bulan bhakti dasawisma ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran gotong royong dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Disebutkannya, dengan pelaksanaan Bulan Bakti Dasawisma gerakan PKK di Kabupaten Limapuluh Kota semakin maju dan mampu mendongkrak
kelompok dasawisma yang sedang berkembang. Menurutnya, keberadaan gerakan PKK dengan beberapa program pokok PKK sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Buktinya sudah banyak produk-produk PKK di Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah merambah pasar industri.

Dirinya juga mengatakan PKK juga sudah menjadi mitra pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Ibu-ibu PKK didaerah kita ini hebat-hebat.Buktinya ibu PKK di Kabupaten kita sudah banyak menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan beberapa produk sudah ada yang menembus pasar nasional dan internasional,” ujarnya.

Sedangkan Walinagari Tanjung gadang, Rilson mengatakan saat ini pihaknya terus meberdayakan masyarakat dalam memajukan Dasawisma, buktinya dari 30 kelompok dasawisma di Kenagarian itu tahun lalu saat ini sudah meningkat menjadi 71 kelompok dasawisma. “Sekarang, berkat adanya kelompok dasawisma kita bisa menhasilkan hasil panen perkebunan pada kelompok dasawisma, dari yang biasanya membeli sekarang tinggal panen di perkarangan rumah,”ujarnya.(rel)