Pekanbaru,BeritaSumbar.com,-Minggu 8/7 dini hari sekitar jam 03.00 wib, Petugas Lapas kelas II A Pekan Baru Riau dikagetkan dengan suara letusan dipekarangan kantor mereka. Begitu mendengar suara letusan petugas piket lansung keluar ruangan untuk memastikan darimana sumber bunyi letusan senpi tersebut.

Dalam pengamatan dari kedua petugas jaga yang bernama Ronal dan Wira tersebut, saat melihat kearah luar lapas situasi dalam keadaan sepi, tidak ada orang di luar lapas maupun di jalan depan.

Pada awalnya, petugas mengira bunyi tersebut berasal dari suara ledakan trafo listrik yang tidak jauh dari kantor Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Namun, Sekira pukul 04.00 WIB piket petugas lapas mendengarkan suara letusan kembali sebanyak 4 kali, tanpa berpikir panjang semua piket lapas langsung keluar dan menyisir kembali ke depan perkarangan Lapas dan saat itu situasi dalam keadaan sepi.

Lagi-lagi petugas lapas memperkirakan suara letusan tersebut masih berasal dari trafo listrik yg meledak sehingga mengeluarkan suara seperti ledakan senjata api.

Dan ternyata, sekitar pukul 07.00 WIB saat Ahlan (pegawai lapas, red) sangat terkejut melihat ruangannya sudah berantakan seperti bekas tembakan senjata api serta ditemukannya 2 (dua) selongsong peluru dan 1 (satu) buah proyektil peluru.

Adapun setelah ditelusuri oleh petugas lapas didapati bagian dinding, bagian depan dan kaca di kantor Lapas Kelas IIA pekanbaru, sehingga dugaan sementara pelaku melakukan penembakan dari arah luar kantor.

Hingga saat ini pihak Polresta Pekanbaru masih mendalami kasus tersebut serta melakukan penyelidikan motif penembakan kantor Lapas IIA Pekanbaru.(sumber: m.tribunsatu.com  )