31 C
Padang
Kamis, Maret 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Merdeka dari Air Parit
M

Kategori -
- Advertisement -

Pemberian nama pesantren atas usul tokoh masyarakat yang ingin mengabadikan nama ulama dan tokoh nasional asal Alahan Panjang, yaitu Dr Mohammad Natsir.

Dengan menyemat nama pahlawan nasional tersebut, para pendiri pesantren dan tokoh masyarakat Alahan Panjang berharap dapat mewarisi inspirasi perjuangan Pak Natsir, yaitu: memajukan pendidikan agama Islam, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membangun masyarakat yang Islami, dan melahirkan santri-santri mujahid dakwah yang memiliki keahlian dan keterampilan.

Pondok Pesantren terpadu Muhammad Natsir kini menyelenggarakan  pendidian anak usia dini (PAUD dan TK), madrasah tsanawiyah (MTs) dan SMA.

Ketiganya terletak pada dua lokasi berdekatan di Jorong Batubagiriak. Selain itu, di komplek yayasan Nurul Iman terdapat masjid, mushalla, asrama putra-putri, panti asuhan dan dapur pesantren. Sementara, Madrasah Tsanawiyah dan SMA terletak di sekitar 500 meter sebelah barat komplek.

Yayasan juga bekerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang membuka areal Pusat Alih Teknologi dan Pengembangan Kawasan Pertanian (PAT-PKP) di Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang. Di areal terpadu ini dikembangkan peternakan dan pertanian modern serta ramah lingkungan.

Sedangkan dengan Malaysia, yayasan membudidayakan tanaman kayu putih untuk diambil kayu dan daunnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img