Padang – Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyajikan “pabukoan” atau menu buka gratis selama Ramadhan 1436 Hijriyah bagi masyarakat yang hendak berbuka puasa di masjid itu.

“Menu buka puasa gratis disediakan bagi masyarakat yang dalam perjalanan atau siapa saja yang ingin berbuka di masjid ini, setiap hari disiapkan untuk 50 orang ,” kata Ketua Umum Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Abdurahman S Chan di Padang, Kamis.

Menurut dia penyediaan menu buka puasa gratis tersebut sudah rutin dilakukan setiap bulan Ramadhan yang pendanaannya berasal dari sumbangan donatur.

“Menu yang disediakan berupa teh manis dan makanan ringan, serta nasi dan lauk,” lanjut dia.

Ia mengatakan bagi warga yang hendak berbuka hidangan disiapkan di lantai dua masjid 30 menit menjelang waktu berbuka.

Warga yang ingin berbuka puasa akan dipersilahkan langsung mengambil posisi duduk di lantai pada tempat yang disediakan.

“Petugas akan langsung mengantarkan teh manis dan makanan ringan,” lanjut dia.

Ia menyebutkan penyediaan” pabukoan” gratis sepenuhnya dibiayai dari sumbangan jamaah masjid dan kaum muslimin untuk satu hari dibutuhkan dana sekitar Rp1.250.000.

Abdurahman mengemukakan salah satu alasan pengurus menyediakan “pabukoan” gratis, karena Masjid Taqwa Muhammadiyah berlokasi tepat di pusat kota yaitu jalan Bundo Kandung di depan depan Pasar Raya Padang.

Karena berada di depan Pasar Raya Padang masjid ramai dikunjungi warga yang hendak melaksanakan shalat atau sekadar beristirahat usai berbelanja.

Selain menyediakan”‘pabukoan” gratis, selama Ramadhan pengurus juga menggelar pengajian harian sebanyak tiga kali.

Yaitu menjelang shalat Tarawih, sebelum Shalat Zuhur dan sebelum Shalat Ashar.

Pengajian tersebut diisi oleh penceramah yang telah disiapkan pengurus dengan durasi lebih kurang 15 menit sebelum waktu shalat masuk.

Sementara, Dedi salah seorang warga Padang mengaku cukup sering berbuka puasa di Masjid Taqwa Muhammadiyah pada bulan Ramadhan.

“Sebelum melanjutkan perjalanan pulang dari tempat kerja , saya buka dulu disini,” kata dia.

Ia menilai program ini cukup membantu terutama bagi orang yang sedang dalam perjalanan sehingga dapat segera berbuka saat waktu tiba.

(Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)