PADANG – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo ingin kinerja pegawai di lingkup kerjanya maksimal. Tak terganggu oleh berbagai masalah, seperti keluarga dan lainnya. Karena itu, Walikota Padang memberikan solusi bernas agar ASN dapat bertugas optimal.

“Setelah kita lakukan evaluasi, ternyata cukup banyak hambatan ASN saat bertugas, seperti faktor anak, dan lainnya,” sebut Mahyeldi usai inspeksi mendadak ke Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Pertanahan Kota Padang, Selasa (4/7).

Disebutkan Mahyeldi, solusi agar tidak terganggunya kinerja pegawai yakni disediakannya Tempat Penitipan Anak (TPA) di masing-masing kantor. Sehingga anak dapat terpantau dan terperhatikan saat orangtua bekerja.

“Saat ini kita bicara tentang anak yang akan menjadi penerus bangsa. Karena itu anak harus diberi perhatian yang baik dari sekarang,” ungkap walikota.

Walikota melihat bahwa di sekitar Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Pertanahan terdapat dua kantor lainnya yang cukup berdekatan. Yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta BPMPTSP.

“Kita akan buat Tempat Penitipan Anak bagi pegawai di sini,” ujar Mahyeldi.

Saat itu Walikota melihat langsung kondisi kantor Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Pertanahan. Di sini Mahyeldi mendapati ruangan yang dapat digunakan sebagai TPA. Walikota mengatakan pihaknya akan menyiapkan ruangan tersebut dan kelengkapan lainnya.

“Termasuk sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan. Karena anak butuh perhatian lebih. Tidak baik ditinggalkan di rumah dengan pembantu atau orang lain yang tidak paham dengan anak,” cecar Mahyeldi.

Apalagi, kata Mahyeldi, jika anak ditinggal di rumah akan memakan waktu bagi orangtua untuk pulang ke rumah. Pekerjaan pun akan terbengkalai di kantor.

“Bayangkan, seorang ibu harus pulang ke rumah untuk menyusui anak. Jika ada TPA tentu akan memudahkan,” tukas Mahyeldi.

Mahyeldi mengimbau kepada seluruh instansi kerja yang ada di Padang untuk menyiapkan TPA bagi anak. Sehingga pekerjaan dapat maksimal. (Charlie / Yurizal / DU / Taf)