Payakumbuh – Buat pertama kalinya di Payakunbuh, komunitas ikan hias Payakumbuh menggelar Lomba Ikan Cupang (LIC) Internasional 2015, di Pondok Promosi Industri di Medan nan Bapaneh Payakumbuh, selama dua hari, 19-20 Desember 2015.

Kegiatan LIC dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kota Payakumbuh ke-45 itu, seperti disampaikan Ketua Dekranasda Payakunbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Minggu (12/12), ajang untuk menggairahkan semangat penggemar ikan hias membudidayakan ikan cupang di kota ini. Dampak lainnya, juga untuk meningkatkan pendapatan para pemelihara ikan cupang.

Di Payakumbuh, menurut Ketua Komunitas Ikan Cupang, Afrinaldo Popey, ada puluhan penggemar ikan hias. Tidak hanya ikan cupang, para penggemar ikan hias itu juga memelihara ikan hias lainnya, seperti ikan arwarna dan ikan koi. Pada saatnya nanti kita juga akan mengadakan lomba berbagai ikan hias itu, sebutnya.

Menurut Popey, untuk LIC tersebut, sudah tercata sekitar 60-an peserta, berdatangan dari berbagai kota diseluruh Indonesia serta dari negara tetangga sendiri, seperti Malaysia dan Singapura. Hadiah yang disediakan cukup menjanjikan, ungkap Popey.

Selain kegiatan LIC, Dewan Kesenian Payakumbuh, juga ikut meramaikan pameran industri kerajinan yang digelar Dekranasda Payakumbuh, dengan menggelar pameran seni. Karya-karya seniman dari kabupaten/kota di Sumbar, DKI Jakarta dan kota besar lainnya, berupa seni lukis dan lain sebagainya akan ditampilkan dalam pameran tersebut.

Dalam rangka mencari bibit pelukis, juga diadakan lomba mewarnai dan kukisan pelajar. Bocah PAUD dan TK juga diundang ambil bagian dalam lomba ini, sebut Man, salah seorang penanggung jawab lomba.