Yogyakarta – Sebagian daerah di Indonesia menjadikan sektor pariwisata sebagai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bidang pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian masyarakat daerah.

Dalam masa kunjungan kerja (kunker) DPRD Kota Payakumbuh ke Yogyakarta, Ketua DPRD Kota Payakumbuh H. Yendri Bodra. Datuak, Parmato Alam mengatakan, Yogyakarta merupakan salah satu Daerah Istimewa (DI) di Indonesia yang menjadi daerah tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Menurutnya, mempertahankan budaya yang ada, daerah mampu menjadikan itu sebagai magnet untuk mendatangkan pelancong.

“Kita melihat Yogyakarta konsisten dengan budayanya. Mereka mengemas iven iven budaya secara profesional bersama pihak terkait dan melibatkan semua lapisan masyarakat,” kata politisi Parta Golkar kepada beritasumbar.com, Selasa, (22/11/2016) di Yogyakarta.

Ia menambahkan, untuk mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya, pemerintah Kota Payakumbuh bersama DPRD sudah membuat rencana dan berbagai kebijakan untuk kemajuan daerah melalui sektor ini. Salah satu kebijakan tersebut adalah menggali, menginventarisir dan mengembangkan obyek-obyek wisata yang ada.

“Kota Payakumbuh memiliki potensi untuk menjadi kota tujuan kuliner bagi wisatawan. Namun, masih banyak hal yang akan kita benahi, seperti lahan parkir, lokasi pusat kuliner, toilet dan sarana prasarana lainnya.” Demikian Ketua DPRD