Rakor KPUD Kab. 50 di Hotel Kolivera dengan unsur parpol peserta pemilu dan unsur terkait

Payakumbuh–Dalam pelaksanaan amanat UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Peraturan KPU No.7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilu, KPUD Kab. 50 Kota gelar Rakor Penataan Daerah Pemilihan dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pemilu Tahun 2017 di Hotel Kolivera 3. Rakor yang dikuti 40 undangan  yang berasal dari unsur partai politik, Polres, Panwaslu, Kesbangpol, Humas, Diskominfo, Disdukapil, Kejaksanaan, Kodim 0306/50 Kota, HMI, BEM, tokoh masyarakat dan media, dipimpin langsung Ketua KPU diwakili Komisioner KPU, Budi Mulya sekaligus pemateri dalam rakor ini, Sabtu (11/11).

Budi Mulya dalam paparan materinya menjelaskan bahwa penataan daerah pemilihan didasarkan prinsip kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu, proporsionalitas, coterminus, kohesivitas, integritas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

“Ketentuan penataan dapil untuk anggota DPRD Kab. 50 Kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan 55 maksimal 55 kursi. Alokasi kursi setiap dapil paling sedikit 3 kursi dan maksimal 12 kursi. Sementara secara rasional, Kab. 50 Kota saat ini terjadi pemekaran. Jadi kita akan berpedoman kepada data kependudukan sesuai e-KTP sesuai data agregat dari Kementerian Dalam Negeri secara berjenjang dari pemerintahan terbawah,” terang Budi.

Ditambahkannya, “Penyerahan Rekapitulasi Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dilakukan tanggal 17 Desember  2017. Untuk penataan, kita akan merujuk pada mekanisme kerja KPU, KPU provinsi dan KPUD yang telah merumuskan alur, mekanisme penghitungan alokasi dan penghitungan kursi. Kabupaten dengan 13 kecamatan yang ada kini dan akan mengisi 35 kursi, dengan rumus perhitungan yang sudah ditentukan. Dan sesuai dengan data kependudukan e-KTP ” terang Budi Mulya.

SUNP0005
Salah seorang pimpinan parpol peserta pemilu, Dedi Haryanto sampaikan usul dan saran.

Rakor yang berlangsung satu hari penuh ini, moderator memberikan kesempatan kepada semua peserta rakor untuk menyampaikan tanggapan, masukan, usulan. Kesempatan tersebut dipergunakan dengan baik oleh peserta, dan dicatat langsung oleh notulen.

Menurut Komisioner KPUD Kab. 50 Kota, Budi Mulya, segala usul, saran dan masukan yang disampaikan akan menjadi bahan baginya dan akan dicarikan pemecahannya di Rakornas KPU di Palembang pada hari Senin tanggal 13 November 2017, mendatang.ul