Payakumbuh,beritasumbar.com,- Dalam kehidupan politik saat ini partisipasi pemuda sangat dibutuhkan untuk kepemimpinan ataupun menjadi perwakilan bagi rakyat di pusat maupun daerah. partisipasi pemuda dalam perpolitikan perlu ditingkatkan di era multi partai pada saat ini. Hal itu di sampaikan Wendra Yunaldi ketika di undang sebagai narasumber di Kopi Darat Daerah (Kopdarda) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Minggu, (15/1/2017) di hotel Mangkuto Payakumbuh, Sumatera Barat.

“Begitu banyaknya partai politik yang ada di Indonesia, hanya sedikit kaum muda yang masuk dan ikut berperan aktif pada partai yang ada. Pemuda harus melihat itu sebagai peluang untuk merobah pola politik yang ada pada saat ini,” ungkap Wendra.

Dalam paparannya, perilaku kaum muda memiliki ideologi, keterbukaan, kebersamaan dan berkomitmen kepada hal yang baik yang perlu di tonjolkan. Saat ini banyak organisasi yang membawa nama pemuda yang bermunculan namun, tidak semua mampu bergerak dengan baik bahkan tidak memberikan kontribusi yang maksimal.

“Mari menjadi pemuda yang berani tampil, mampu memberikan kontribusi yang baik. Tidak hanya pada organisasi kepemudaan, didalam kancah politik sekali pun pemuda musti memiliki ideologi sebagai dasar.” papar Wendra.

Wendra mengaku, PSI sebagai partai baru yang di dominasi kaum muda, Kopi Darat daerah yang di gelar patut di apresiasi. Peran serta semangat perubahan berpolitik cukup terlihat jelas pada partai berlambang mawar ini.

“Sangat menarik, pada era perkembangan teknologi saat ini, pemuda seharusnya mampu melihat celah dan kesempatan pada ketersediaan yang ada, baik itu perpolitikan, bisnis serta teknologi ,” ungkap Wendra pada acara Kopi darat daerah dan diskusi Pemilukada Kota Payakumbuh yang di gelar PSI.