Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Koalisi Perempuan Indonesia pertama kali di deklarasikan pada tahun 1998 di Jogjakarta. Saat ini sudah mulai mendeklarasikan di setiap wilayah dan daerah tingkat 2 SeIndonesia.

Koalisi Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang berjuang untuk mewujudkan keadilan dan demokrasi dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai dan prinsip kejujuran, keterbukaan, persamaan, kesetaraan, persaudarian (sisterhood), kebebasan, kerakyatan, kemandirian, keberagaman, non- sektarian, non- partisan, nir kekerasan, berwawasan lingkungan dan solidaritas pada rakyat kecil dan yang tertindas.

Disamping itu, Koalisi Perempuan Indonesia juga menolak segala bentuk diskriminasi berdasar jenis kelamin, kelas sosial, agama, kepercayaan, ras, etnis, orientasi seksual, warna kulit, bentuk tubuh, kemampuan fisik yang berbeda (diffable), usia, status perkawinan, pekerjaan, pandangan politik, dan perbedaan- perbedaan lainnya, serta merawat lingkungan hidup.

Untuk Sumatera Barat sudah ada tujuh cabang Koalisi Perempuan Indonesia. Sabtu 13/1 Limapuluh Kota juga sudah mendeklarasikan hadirnya Koalisi Perempuan Indonesia cabang daerah ini. Deklarasi diadakan di aula Rumah dinas Bupati Limapuluh Kota dengan di hadiri pengurus Wilayah Sumatera Barat Koalisi Perembuan Indonesia.

Pada deklarasi ini selain memilih sekcam KPI Limapuluh Kota juga di pilih 9 dewan kelompok kepentingan. Ir. Rita Murni terpilih sebagai Sekretaris cabang dengan dibantu 9 dewan kelompok.
1. Masyarakat Adat : Yusra Dair S.Pd
2.Rumah tangga : Gusniati
3.Informasi : Elen Irawati A.Md
4.Petani : Emriyenti
5.pemuda Dan Mahasiswa : Rince Meidika Adara A.Md
6.Profesional :Hj.Yeni Elvi S.ST
7.Lansia : Gusneti
8.Perempuan Dan Kepala Rumah Tangga : Indriani A.Md
9.Miskin Desa :Yulawita S.Pd

kedepan KPI Limapuluh Kota akan menggiatkan penurunan angka perceraian,mengurangi angka pernikahan dini dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,ujar Ir.Rita Murni usai deklarasi dan pelantikan pengurus KPI Limapuluh Kota kepada BeritaSumbar.com.

Sementara itu Sekretaris Wilayah Tantri Herida menyebutkan KPI ini kedepan mempunyai target dibidang advokasi kasus ,kebijakan dan perlindungan perempuan.  Untuk wilayah punya target bisa di bentuk di 19 daerah tingkat II yang ada di Sumatera Barat ujar Sekwil KPI Sumatera Barat ini kepada BeritaSumbar.com.

Irfendi Arbi yang diminta memberikan kata sambutan pada acara konfrensi ini mengatakan sangat mengapresiasi deklarasi Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Limapuluh Kota. Daerah ini punya wanita wanita tangguh dan hebat. Sudah saatnya bangkit dan ikut serta dalam pembangunan Limapuluh Kota yang lebih baik kedepannya. (*)

- Advertisement -