Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Pelaksanaan khatam Qur’an dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke I tingkat Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Sabtu dan Minggu (30-31/3) di Mushalla Jamiatul Muhidin, Korong Tarok, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan berjalan dengan sukses.

Wali Korong Tarok, Ali Yusman yang di dampingi Wali Korong Ampalu Tinggi, Wendra Fahmi mengatakan, santri dan santriwati yang Khatam Qur’an berjumlah 18 orang. “Kegiatan khatam Qur’an ini adalah yang pertama diadakan, dan kegiatan khatam diadakan pada hari Sabtu (30/3) di Mushalla Jamiatul Muhidin, dan semua peserta khatam diarak dari mushalla itu menuju kantor nagari,” ujar Ali Yusman bersama Wendra Fahmi.

Dan pada hari Minggu katanya, dilanjutkan MTQ tingkat nagari, untuk MTQ ini ada 53 orang peserta dari lima korong yang ada dalam nagari ini. Untuk cabang yang di lombakan di antaranya, cabang tilawah remaja putra dan putri, anak2 putra dan putri dan tahfizh.

Kegiatan MTQ tingkat nagari ini tegasnya, untuk meningkatkan minat baca Al Qur’an masyarakat dan anak-anak di rumah, dan juga untuk mencari bibit qori dan qori’ah yang bisa tampil untuk lomba tingkat kecamatan. “Semoga dengan MTQ ini akan lahir qori dan qori’ah Nagari Lareh Nan Panjang Selatan ini, dan bisa tampil menjadi yang terbaik pada tingkat kecamatan maupun kabupaten, bahkan untuk nasional,” harap Ali Yusman bersama Wendra Fahmi. (bus)