Tanah Datar – Rumah Budaya Fadli Zon akan menampilkan kesenian dua negara, Indonesia-Tiongkok, Minggu (2/8), pukul 18.30, malam. Seniman kedua negara akan menghibur 200 penonton di kantong kebudayaan Ranah Minang itu.

Pimpinan Rumah Budaya Fadli Zon, Edin Hadzalic, melalui siaran pers yang diterima media ini, Jumat (31/7), sore, mengatakan, malam kebudayaan tersebut terselenggara atas kerjasama Rumah Budaya dengan Sekolah Dharma Yudha Pekanbaru.

“Malam kebudayaan ini bertujuan membina hubungan baik kedua negara, khususnya di bidang seni dan budaya,” ujar Edin Hadzalic.

Dia menyebutkan, sebanyak 20 seniman dari Provinsi Jiang Shu, Tiongkok, akan menampilkan sejumlah kesenian mereka, di antaranya Tari Guzheng dan Kaligrafi. Tarian ini dibawakan seniman Tiongkok dari Jiang Su, Pusat Pendidikan Tari Kota Xuzhou.

Sementara dari Indonesia, pertunjukan seni akan ditampilkan Sekolah Dharma Yudha Pekanbaru (Tarian Cik Puan dan Tarian Mancaliak Jaluar). Selain itu, Pianis Indonesia Marusya Nainggolan juga turut hadir mewakili Indonesia di acara itu.

Tak hanya itu, dari Sumatera Barat, Tim Kesenian Sumbar Talenta turut tampil membawakan sejumlah kesenian Minang yang bakal menyemarakkan malam dengan tarian dan musik tradisi Minangkabau.

Budayawan dan Pendiri Rumah Budaya, Fadli Zon, mengatakan, hubungan baik Indonesia-Tiongkok sudah terjalin sejak zaman pemerintahan Bung Karno dan harus terus dijaga serta ditingkatkan.

“Baik hubungan di bidang ekonomi, perdagangan, teknologi, pendidikan, keamanan, termasuk hubungan kebudayaan,” ujar Fadli Zon.

Dia berharap, Malam Kebudayaan Indonesia Tiongkok di Rumah Budaya semakin memperkokoh hubungan kedua negara. “Bangsa yang beradab adalah bangsa yang menghargai kebudayaannya,” katanya.

Rumah Budaya Fadli Zon diresmikan pada 4 Juni 2011 dan sering menampilkan pertunjukan kesenian dari sejumlah negara di dunia, di antaranya: Konser Trio Cantabile (Croasia), Konser Ansambel Ad Glorian Brass (Croasia), Pemutaran Film Sutradara Faruk Loncarevic (Bosnia), Malam Persahabatan Indonesia-India, Pertunjukan Sulap Rick Taliesen (Amerika Serikat), Penampilan Saluang di Eropa Kerjasama Indonesia-Serbia kerjasama Rumah Budaya dan Assosiasi Bibliofil Serbia, serta sejumlah pertunjukan lainnya. (rel)