Payakumbuh–Berbagai prestasi telah di raih oleh SMKN I Payakumbuh dalam berbagai ajang perlombaan. Kesuksesan tersebut tak lepas dari peran Kepala Sekolah Yunita Rosanti, M.Pd. SMKN 1 Payakumbuh juga menjadi penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk ketiga kalinya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMKN 1 Payakumbuh, Yunita Rosanti, Selasa (14/11) diruang kerjanya.

” SMKN 1 Payakumbuh telah sukses sebagai penyelenggara UNBK untuk tahun ketiganya. Kedepannya, siswa-siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di SMKN I Payakumbuh ini, bisa bekerja sambil kuliah, Sebab di sekolah ini telah kita berikan bekal buat masa depan mereka, dan yang paling membahagiakan bahwa SMKN I Payakumbuh telah mendapat lisensi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) untuk uji kompetensi,” ujar  Yunita Rosanti wanita yang murah senyum ini.

Berbagai prestasi yang telah diraih SMKN I Payakumbuh, baru-baru ini pada kegiatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN) Ke-53 Dihalaman Kantor Dinas Kesehatan, Padang Karambia, Senin pagi ( 13/11/2017). Dimana anak kami berhasil meraih Juara I Seni Lukisan Dinding. SMKN I Payakumbuh juga telah mengirimkankan siswanya sebagai Duta Nusantara yang berlangsung di Jogyakarta pada Agustus 2017 kemarin. Siswa tersebut ialah Afri Chandra Kelas XI Ak1, sebut Yunita Rosanti lagi.

Ditempat terpisah, Afri Chandra, Kelas XI Ak1 menerangkan, ” bahwa banyak sekali pelajaran yang ia dapat di Jogya sewaktu menjadi utusan siswa mengenal nusantara, dimana kegiatan yang berlangsung selama 8 hari tersebut, disuguhkan dengan berbagai ragam kebudayaan,” ucap Afri Chandra

Afri Chandra juga menambahkan bahwa dalam catatan studinya, berbagai ragam corak kehidupan ia temui di Pulau jawa tersebut. Misalkan sebuah kiliner yang memiliki ciri khas tersendiri,  begitu pula dengan suasana alamnya yang indah, meski suhu cuaca bisa dikatakan panas di Kota yang dijuluki Kota  Pendidikan ini.Selain itu kegiatan masyarakatnya telah tampak beraktifitas di pagi hari. Disamping itu prilaku masyarakat di Jogya sangat santun dalam bahasa dan bersikap, imbuh  Chandra.

Sementara siswa lainnya Gusti Rahayu kelas XI Ap1 juga mengukir prestasi buat sekolah ini. Dengan bakat menyusun agenda harian yang berlangsung di Politeknik Padang pada 21 Oktober 2017 kemarin. Anissa Hariyanti kelas XI Ap3, meraih juara I Iti Nerary dan juga meraih juara III atas nama Rani Sintia. Untuk bisnis administarsi tingkat sumatera barat meraih medali emas sebanyak dua buah dan medali perak dan perunggu dalam kontes bisnis administrasi yang diadakan oleh Poli Teknik Padang.Dibidang MYOB Accounting (IHSAO 2017) dimana siswa SMKN 1 Payakumbuh diantaranya Tesa Nifitrisia kelas XII AK I, M. Isyq Azhari XII AK I dan Puji Arifti Hanifah kelas XII Ak 2 juga meraih prestasi yang gemilang.

SMKN I Payakumbuh saat ini memiliki jumlah tenaga pengajar sebanyak 98 Guru dari 6 jurusan, Akuntasi Keuangan Lembaga, Perbankan Ekonomi Micro, Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi Perkantoran, Desain Komunikasi Grafiti dan Produksi Grafika. (robby/ul)