Kehadiran Rumah Potong Hewan (RPH) Modern senilai lebih kurang Rp. 23 M di Payakumbuh tak lepas dari peranan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Untuk itu, Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc bersama sejumlah stafnya didamping Kepala Dinas Peternakan Sumbar Ir. Erinaldi dan Wawako H. Suwandel Muchtar dan Kadis Pertanian Iqbal Bermawi, mengunjungi RPH tersebut di Kelurahan Kotopanjang Payobasuang, Selasa (8/10) sore.

Kepala LIPI Lukman meminta Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi, mempercepat pemasangan alat-alat mesin potong hewan dimaksud. Menurut Lukman, pemasangan alat mesin potong harus sesuai prosedur yang ditentukan. Mesin harus terletak di atas  kerangka besi  beton, karena getaran mesin ini cukup tinggi goncangannya.

Kepala UPT RPH Modern Evdal Kauri dan Kadis Pertanian Payakumbuh Iqbal Bermawi,  diminta mengawasi pemasangan mesin potong hewan itu secara ketat. “Kita minta, pemasangan mesin potong ini sesuai prosedural,” kata Lukman.

Pemasangan kerangka besi beton  buat lantai mesin potong, dikatakan, Kadis Pertanian Iqbal, akan rampung bulan depan. Mudah-mudahan, jika kegiatannya rampung awal tahun 2014, RPH Modern Payakumbuh sudah operasional.

Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, melaporkan, Pemko sejak setahun terakhir sudah melakukan sosialisasi, guna menggairahkan warga kota untuk beternak sapi. Kemudian, Pemko juga mengajak sejumlah pemilik modal untuk menanam investasi beternak sapi skala besar di Payakumbuh.