Inhil,BeritaSumbar.com,-Memorandum of Understanding antara Polri bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi 20/11/2017 lalu.Untuk merealisasikannya di lapangan,Kapolres Inhil sosialisasikan Pengawasan Dana Desa ini kepada seluruh jajarannya.

Nota kesepahaman,pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan dana desa, penguatan pengawasan pengelolaan dana desa, fasilitasi bantuan pengamanan dalam pengelolaan dana desa, dan juga fasilitasi penanganan masalah serta penegakan hukum terhadap pengelolaan dana desa di kab.inhil menjadi materi sosialisasi ini.

Acara yang diadakan pada senin 8/1 di Aula Bhakti Rekonfu ini, diisi dengan pemberian materi oleh Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony Putra, S.I.K, M.H, Kasi Datun Kejari Indragiri Hilir Budhi Santoso, S.H, Ketua Komisi I DPRD H.M. Yusuf Said, S.E, M.M, H. Bastian, S.E, M.M, dari Inspektorat dan Yulida Purba, S.E, M.H dari Dinas PMD.

Kapolres AKBP Christian Rony putra s.i.k M.H dalam sambutannya berpesan agar Kapolsek dan Bhabinkamtibmas dapat memantau, mengawal dan mengawasi penyaluran, pengelolaan dan penggunaan dana desa, namun dibalik semua kapolres juga mangingatkan pada jajaran polres inhil tidak ada Kapolsek atau Bhabinkamtibmas yang sengaja mencari kesalahan Kepala Desa dan perangkatnya.

Kapolsek juga diminta untuk mengarahkan Bhabinkamtibmas membantu Kepala Desa dalam membuat pertanggung jawaban keuangan.

Ditambahkan juga oleh Kapolres mengingatkan kepada jajarannya, untuk tidak main mata dan bersama – sama melakukan penyimpangan, karena akan berhadapan dengan hukum , Selain itu agar potensi konflik terkait dana desa bisa diatasi ditingkat bawah lebih dahulu.

Kepada Kepala Desa, Kapolres meminta untuk tidak melakukan penyimpangan, baik dengan proyek fiktif ataupun maraup anggaran dan juga Diharapkan sinergi yang baik antara aparat terkait yang akan membuat pembangunan di pedesaan bisa berjalan dengan baik.

Ketua Komisi I DPRD menyambut baik sosialisasi yang diprakarsai Kapolres dan juga sependapat apayang disampaikan oleh kapolres,suatu kemajuan yang signifikan sehingga penyimpangan atau keteledoran karena ketidaktahuan, bisa dicegah lebih dini.tuturnya.(EM)