Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Lebarah Haji 2017 tinggal dalam hitungan hari. Selain suasana pelepasan jamaah haji,aktifitas penjualan ternak qurban di Pasar ternak Kota Payakumbuh juga cukup menarik.

Pasar yang beraktifitas setiap hari minggu ini menjadi pintu gerbang penyuplai hewan qurban ke daerah sekitar,bahkan sampai keprovinsi tetangga. Minggu 6/8 aktifitas jual beli di pasar ternak Payakumbuh yang berlokasi di Koto Panjang payobasuang Payakumbuh Timur cukup meningkat dari hari hari sebelumnya.

Hewan ternak yang dibawa pedagang ke pasar ini didomimasi oleh hewan untuk qurban. 75% yang ada dalam pasar ini hewan yang di persiapkan untuk qurban,ujar Toto Setiawan salah satu pedagang sapi asal Payakumbuh.

Hal ini tidak bisa di pungkiri dengan tingginya permintaan hewan untuk qurban lebaran haji 1438H tahun ini.  Hargapun juga meningkat dari tahun lalu. Satu ekor sapi mengalami kenaikan dari 500 sampai 1 juta rupiah per ekornya dari tahun lalu.

Menyikapi harga naik ini,kita juga meingkatkan jumlah iyuran peserta qurban di kelompok kita ujar Ifnaldi salah satu pengurus Qurban di daerah ini kepada BeritaSumbar.com di sela sela memilih sapi yang akan ia beli di pasar ternak Payakumbuh.