29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jarak Pandang 600 Meter, Presiden Tunda Kunjungan ke Jambi
J

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Preisden Joko Widodo rencananya akan memantau dampak bencana asap di  Provinsi Jambi pada hari ketiga kunjungan ke Sumatera, Sabtu (10/10/2015). Namun, lantaran jarak pandang yang hanya 600 meter, kunjungan Jokowi terpaksa ditunda.

“Hingga jadwal keberangkatan ke Jambi pada pukul 17.35 WIB, kondisi jarak pandang di bandara Sultan Thaha Jambi hanya 600 meter sehingga tidak memungkinkan pesawat kepresidenan untuk mendarat,” kata Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana‎ dalam keterangannya, Sabtu malam.

Menurut dia, sambil menunggu kondisi jarak pandang membaik, Presiden memutuskan meninjau proyek pembangunan Stasiun Kereta Api Bandara Minangkabau yang rencananya beroperasi Desember 2015 mendatang.  Setelah itu, Jokowi  menunaikan salat magrib di Mesjid Raya Sumatera Barat.

“Sampai pukul 19.30 WIB, belum terjadi peningkatan jarak pandang di Bandara Sultan Thaha Jambi. Jarak pandang masih 600 meter sehingga tidak memungkinkan untuk mendarat di Jambi,” jelas Ari.

Dia menjelaskan, jarak pandang di Jambi sejak pagi  hingga siang berfluktuasi. Pukul 07.00 – 07.30 WIB jarak pandang sejauh 900 meter sedangkan siang hari sekitar pukul 12.30 WIB meningkat ke 1500 meter. “Pada pukul 17.00 WIB kembali menurun ke 600 meter,” lanjut dia.

Dengan kondisi jarak pandang seperti ini, papar Ari, pada pukul 19.50 WIB Presiden memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Setelah mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 21.30 WIB, Presiden menelpon Gubernur Jambi Irman mengenai penundaan kunjungan kerja ke Jambi karena kondisi jarak pandang yang tidak memungkinkan bagi pesawat untuk mendarat.

“Presiden menyampaikan akan terus memantau perkembangan penanganan pemadaman kebakaran lahan dan kabut asap di Jambi. Presiden meminta agar Gubernur memperhatikan pelayanan kesehatan bagi warga Jambi yang terkena dampak kabut asap,” pungkas dia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img