Kota Payakumbuh punya Dewan Pengurus Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).  Sejumlah pengurusnya, dipimpin Ketua Harian DPC PPDI Bamrul Rozi melakukan audiensi dengan pasangan Walikota Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar,  yang diterima Sekdako Ir. H. Benni Warlis di Balaikota, Rabu (9/10).

Kedatangan pengurus DPC PPDI Payakumbuh itu menghadap pimpinan daerah, juga didampingi Ketua DPD PPDI Sumatera Barat Jhoni Aulia, pengurus Karang Taruna Kota Alnoveri Dt. Mangkuto, Bobi Ka Busra dan PSM Payakumbuh Florina Meidia.

DPC PPDI hadir di Payakumbuh, disebutkan Ketua DPD PPDI Sumbar Jhoni Aulia dan Ketua DPC PPDI Bahri Otmeldi, untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan penyandang disabilitas di kota ini. Untuk itu, langkah pertama yang akan dilakukan, mendata jumlah penyandang disabilitas di kota ini.

 “Kami para pengurus ingin membuktikan kepada publik,  bahwa penyandang disabilitas bukan menjadi masalah sosial di tengah masyarakat. Tapi, adalah sosok manusia yang  dapat diberdayakan, layaknya seperti manusia normal. Malahan kami ingin menjadikan seluruh disabilitas, mampu hidup mandiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain,” sebut pengurus.

Kedatangan pengurus  PPDI itu, disambut hangat Sekdako Benni Warlis yang didampingi Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos. Sekdako mengemukakan, akan ikut memberikan dukungan dan fasilitasi buat DPC PPDI dalam menjalankan roda organisasinya di Payakumbuh.  Kehadiran,  PPDI  diharapkan mampu memberikan solusi terbaik buat pemberdayaan penyandang disabilitas ke depan di kota ini, katanya.