Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi memimpin rombongan Tim 1 Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam kegiatan hari pertama Safari Ramadhan dan sholat tarawih pertama ditahun 1439 Hijriyah, di Masjid Darul Salam,Jorong Pincuran Gadang, Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, Rabu(16/5) malam.

Dalam kegiatan pertama safari ramadhan tahun 2018 tersebut tampak dihadiri oleh beberapa pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota,Ketua Kemenag Limapuluh Kota, Ketua baznas Limapuluh Kota,Desembri Chaniago, Camat Luak,Muftil Wahyudi, Wali Nagari Andaleh, Harmen Sastra,Tokoh Masyarakat, dan ratusan jama’ah di masjid Darul Salam.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi segenap jemaah yang hadir pada waktu itu, sekaligus memohonkan maaf doa dan restu agar jalannya ibadah puasa mendapatkan keberkahan serta ganjaran dari Allah SWT.

Dikatakannya, kegiatan safari ramadhan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara pemerintah kabupaten Limapuluh kota dengan masyarakat serta menjadi wadah untuk menampung berbagai aspirasi berupa kritik, masukan, permintaan masyarakat atas kebutuhan pembangungan didaerah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan masyarakat. Insyaallah, nantinya kita pemerintah daerah akan mengunjungi tiap Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota dengan tim-tim safari ramadhan yang sudah dibentuk oleh bagian kesra untuk mendengarkan aspirasi ditiap daerah”, tukasnya.

Terakhir dalam sambutanya Bupati berpesan kepada masyarakat di Nagari Andaleh untuk selalu menjaga kesatuan, kekompakan serta kepedulian kepada sesama selama menjalankan ibadah puasa dan selalu menjaga keaman dan kenyamanan di Nagari Andaleh.

“Mari kita jaga kekompakan dan rasa kepedulian kepada sesama, saya tidak ingin mendengar nantinya ada warga kita yang tidak makan sahur ataupun berbuka puasa karna tidak ada uang untuk membeli beras dan lainnya, jadi saya meminta kepada Wali Nagari sampai ke Jorong untuk mendata seluruh masyarakat di Nagari Andaleh, selain itu saya juga menghimbau kepada Wali Nagari dan Kepala Jorong untuk kembali menghidupkan Siskamling di Andeleh, jadi jika ada tamu yang berkunjung kedaerah kita harus melapor terlebih dahulu kepada kita,” tukasnya.

Usai memberikan sambutannya Bupati dalam kegiatan safari ramadhan tersebut melanjutkan kegiatan dengan sesi tanya jawab bersama masyarakat di Nagari Andaleh terkait dengan pembangunan Nagari.

Pada kesempatan itu Wali Nagari Andaleh, Harmen Sastra yang dipercaya mewakili aspirasi masyarakat Nagari Andaleh meminta kepada pemerintah Limapuluh Kota untuk meningkatkan kualitas infrastruktur khususnya akses jalan dan irigasi di Nagari Andaleh.

Selanjutnya Harmen meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk memberikan bantuan berupa Bea Siswa kepada siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu di Nagari Andaleh.

Menjawab berbagai aspirasi masyarakat tersebut, Bupati langsung meminta agar perangkat nagari memasukkan segala kebutuhan prioritas masyarakat di dalam RKP dan RPJM nagari. Jika prioritas kebutuhan sudah dituangkan ke RKP/RPJM melalui Musrenbang, Pemkab melalui OPD terkait tinggal menyesuaikan semua usulan sesuai anggaran.

Usai sesi tanyajawab kegiatan safari ramadhan tersebut dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai sebesar 10Jt Rupiah kepada Masjid Darul Salam, juga saat itu diserahkan bantuan sosial dari baznas kepada 8 orang masyarakat kurang mampu di Nagari Andaleh, serta penyerahan bantuan 2 buah kursi roda untuk masyarakat penyandang disabilitas di Nagari Andaleh oleh Bupati Irfendi Arbi.(*/rel)