Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Salah satu agenda Kementerian Agama adalah mengadakan lomba Guru Berprestasi yang diselenggarakan mulai dari tingkat Kota/Kabupaten sampai tingkat nasional pada masing-masing jenjang lembaga pendidikan. Pada kegiatan ini MAN 2 Kota Payakumbuh mengutus dua orang guru terbaiknya, yaitu Zulhilman, S.Pd., M.Si pada cabang lomba Guru Laboran dan Ilwati, S.Pd., M.MPd pada cabang Guru Berprestasi Tingkat MA.

Di tingkat propinsi pun dilaksanakan seleksi tahap awal dengan mengumpulkan berkas-berkas dan lampiran-lampiran yang diminta. Dari hasil penjaringan tersebut maka guru kita masuk nominasi untuk presentasi di tingkat propinsi. Maka dilakukanlah lomba ini di Hotel Imelda Padang dari tanggal 13 s.d 14 September 2018 dengan penyelenggara Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah keduanya berhasil meraih peringkat. Peringkat II cabang Guru Laboran adalah Zulhilman, S.Pd., M.Si dan Peringkat II cabang Guru Berprestasi.

Alex Sandra kagum dan memberikan apresiasi kepada Zulhilman dan Ilwati atas kesuksesan ke tingkat Propinsi diiringi lagi dengan kesuksesan di tingkat Kanwil Kemenag Propinsi Sumbar. Walaupun ini belum masuk nominasi untuk tingkat nasional, namun ini sangat memberikan apresiasi sangat baik dan positif terhadap lembaga Kemenag khususnya MAN 2 Payakumbuh. Keberhasilan ini diharapkan mampu memberikan spirit terhadap guru-guru Madrasah khususnya untuk meningkatkan kompetensi Peadagogiek dan kompetensi lainnya. Alex Sandra berharap kesuksesan ini diiringi oleh kesuksesan guru-guru lainnya di masa yang akan datang.

Tujuan kegiatan lomba ini adalah, pertama, untuk mengukur dan mengevaluasi kompetensi-kompetensi guru sesuai dengan Undang-undang, Permendiknas dan Peraturan Kementerian Agama yang terkait dengan kompetensi guru. Kedua, untuk memberikan penghargaan kepada guru-guru terutama yang telah terseleksi mulai dari tingkat Kota/Kabupaten. Ketiga, untuk memberikan motivasi terhadap guru-guru lain agar selalu meningkatkan kompetensi mengajar dalam rangka menjawab tantangan di abad milenial ini.(rel/ul)