Gubernur Irwan Prayitno tinjau lokasi kebakaran Pasar Ateh Bukittinggi

Bukittinggi—Sepulang dari kunjungan ke Papua Barat, Papua, dan Jakarta, siang ini Gubernur Sumatera Barat mengunjungi Pasa Ateh Bukittinggi yang terbakar pagi ini, Senin 30 Oktober 2017.

Empati Irwan Prayitno yang paling dalam kepada para pedagang dan sesiapa saja yang memiliki aktivitas ekonominya di Pasa Ateh ini, dan kami berupaya keras untuk memulihkan keadaan ini secepat mungkin.

Sebagai langkah temporer, agar tetap bisa menjalankan aktivitas jual beli, para pedagang Pasa Ateh dan sekitar yang terkena dampak kebakaran tadi pagi, direncanakan akan dipindahkan ke Jalan Perintis, Bukittinggi. Kebijakan ini diambil Walikota Ramlan Nurmantias supaya pedagang tetap bisa berdagang seperti biasa.

Langkah yang diambil Walikota Bukittinggi ini mendapat apresiasi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. “Kami sangat memuji langkah yang diambil oleh Walikota beserta jajaran, karena hal tersebut sebuah solusi bagi para pedagang,” sebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai meninjau lokasi kebakaran.

Namun demikian, Gubernur juga mengingatkan kepada Walikota Bukittinggi, agar pemindahan nanti dapat dirancang sebaik mungkin, mulai dari tempat parkir, tempat berjualan dan hal-hal lainnya.

“Tujuannya agar tetap memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang datang ke Bukittinggi, jadi kami berharap ini menjadi perhatian oleh Bukittinggi,” ujarnya.

Untuk bantuan bagi para pedagang, Irwan Prayitno mengatakan sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan, dan diperintahkan segera menyiapkan proposal untuk membantu para pedagang,” terangnya.

Di tempat yang sama, Walikota Ramlan Nurmatias, memprediksi kerugian akibat musibah ini tidak sedikit, karena banyak bagian dari Pasar Ateh itu sendiri yang tidak bisa di pakai lagi.

“Perkiraan sementara kerugian kurang lebih Rp1,5 triliun. Kemungkinan akan bisa terus bertambah,” ungkapnya.

Sebagaimana duketahui, tadi pagi terjadi kebakaran hebat di Pasar Atas Bukittinggi. Api melalap lantai dua dan tiga pasar di depan Jam Gadang tersebut. 800 unit toko hangus terbakar dengan kerugian yang tidak sedikit. rilis/ul