Google saat ini sedang mencari mitra bisnis untuk mendirikan pabrik yang memproduksi mobil self driving miliknya (otonom).

Awal bulan ini, Google telah mengumumkan bahwa mereka mempekerjakan mantan CEO Hyundai John Krafcik, sebagai kepala proyek mobil otonom, untuk menjalankan rencana bisnis Google memperluas teknologi mobil otonom ke publik.

Pendiri perusahaan Sergey Brin menegaskan, bahwa Google berniat untuk bermitra dengan produsen mobil yang ada agar bisa membawa mobil otonom-nya ke pasar. Meskipun awalnya mereka mungkin bakal fokus pada layanan ride-sharing dari kepemilikan.

“Kami benar-benar akan fokus bekerja sama dengan mitra kami. Saya berharap untuk membawanya ke skala yang lebih dari sekedar bermitra, termasuk dengan OEM papan atas,” kata Brin.

Untuk tahap awal ini, Google belum meluncurkan mobil yang benar-benar tanpa kemudi dan pedal. Kemungkinan masih menggunakan teknologi yang dapat diambil-alih oleh pengemudi. Bahkan Brin menjelaskan tidak akan meluncurkan mobil otonom sepenuhnya dalam waktu dekat.

Secara total, Google telah melakukan pengujian mobil otonom di jalan umum dengan jarak tempuh sekitar 1,9 juta kilometer di Mountain View, California.