Gempa Bumi Pasaman Sumbar Dipicu Sesar Aktif

188

BeritaSumbar.com – Minggu (10/7/2016), gempabumi tektonik mengguncang sebagian besar wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 16.31.58 WIB dengan kekuatan M=5,4 Skala Richter. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,21 LU dan 100,08 BT, tepatnya di darat pada jarak sekitar 10 kilometer arah baratdaya Kota Pasaman, Sumbar pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Berdasarkan analisis peta guncangan (shakemap) BMKG, tampak bahwa guncangan gempabumi ini dirasakan di Pasaman dan sekitarnya dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), selanjutnya
di Padang Panjang, Sicincin, Payakumbuh, Bukit Tinggi, Tanah Datar dalam intensitas II SIG-BMKG (III MMI) dan di Padang dan Pakanbaru intensitas I SIG BMKG (II MMI)

Di Pasaman dan sekitarnya gempabumi dirasakan cukup kuat oleh orang banyak, sementara benda-benda tergantung berayun dan jendela kaca bergetar.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Sesar aktif yang dimaksud adalah zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone). Dugaan kuat segmen yang aktif dan memicu gempabumi saat ini adalah segmen Sesar Sumpur dengan laju geser 1 cm/tahun.

Terkait peristiwa gempabumi yang mengguncang sebagian besar wilayah Sumatera Barat, hingga laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan, untuk itu kepada seluruh warga masyarakat Sumatera Barat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab krn berdasarkan monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya gempa susulan yang lebih besar.***

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG