Payakumbuh,Beritasumbar.com-Kepemimpinan Riza Falepi selama 4 tahun membangun Payakumbuh terus mendapat  respon positif dari berbagai pihak dan berharap dapat untuk dilanjutkan pada periode kedua. Kali ini respon itu datang dari niniak mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tiakar.

Dalam silaturrahim yang digelar Minggu siang (08/01) di kantor KAN Tiakar, Ketua KAN Tiakar Dt. Andiko Rajo secara terang benderang menyampaikan ke niniak mamak yang hadir agar sama sama memperjuangkan paslon nomor urut dua di Pilkada Payakumbuh 15 Februari mendatang. “Sudah sepantasnya kita lanjutkan program program walikota kita yang belum terlaksana. Jangan ragu lagi, kita satukan niat untuk memenangkan Riza Falepi,” ujar Dt. Andiko Rajo

Riza Falepi dalam pembicaraannya menyampaikan saat ini kel. Tiakar dalam penggabungannya sudah ideal dan sudah diberi anggaran 300 juta. “Kita tempatkan lurah yang energik dan muda serta asli orang sini, semoga bisa melayani masyarakat Tiakar, tentunya dalam bimbingan niniak mamak semua,” ujar Riza mengawali paparannya.

Riza mengakui memang masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam membangun Payakumbuh, namuan ia sudah berbuat sungguh-sungguh untuk Payakumbuh.

“Pembangunan infrastruktur tetap kita lanjutkan. Namun fokus saya selanjutnya adalah masalah kesejahteraan. Masyarakat Payakumbuh membutuhkan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi.
Ini persoalan yang tidak gampang,” ujar Riza.

“Pertumbuhan ekonomi Payakumbuh sudah tertinggi di Sumbar namun belum berefek daya ungkit (leverage effect) yang bisa menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan. Bagaimana kita berproduksi dan kita menjualnya untuk kesejahteraan.
Kita berproduksi dari apa yang kita bisa dulu. Tahap selanjutnya kita bisa memproses dan mengolah (processing unit). Setelah itu baru bisa diversifikasi,” ujar Riza yang juga seorang techno-ekonom itu.

Khusus bagi anak muda kita yang menganggur, Riza akan mengadakan program training yang bisa menjamin alumni training tersebut langsung mendapatkan pekerjaan. “Kita buat dulu MoU bersama perusahaan, baru kita training anak anak kita. Pasca training anak anak kita akan bekerja di perusahaaan tersebut. Memang tidak di Payakumbuh,” ujar Riza.

“Untuk periode kedua, pada intinya saya akan melakukan 3 hal yakni melanjutkan pembangunan, peningkatan kemakmuran, dan menciptakan lapangan pekerjaan. Doakan saya agar bisa mewujudkannya,” pungkas Riza.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Irsyad Syafar (Ketua DPW PKS Sumbar), Edward DF (Politisi PPP), Nasrul (Politisi PKS), pengurus KAN dan niniak mamak, Bundo Kanduang, serta pemuda dan pemudi nagari Tiakar.(rellhumasfwin)