Payakumbuh–Kami sangat bangga melihat kekompakan masyarakat kelurahan Padang Sikabu, semua warga turut aktif penuh kesadaran dalam pelaksanaan goro lingkungan yang kita laksanakan hari ini. Mari kita selalu pupuk dan tingkatkan rasa peduli sosial yang tinggi dengan meningkatkan rasa motivasi bersosial, salah satunya melalui gotong royong ini. Dengan gotong royong semua yang berat akan menjadi ringan, semua permasalahan bersama dipecahkan secara bersama dan bermanfaat bagi masyarakat.

Mari kita jadikan Latina menjadi Kampung Modern tertata dan terkelola namun tetap mempertahankan kearifan lokal. Keberadaan kampung rendang semestinya menjadi motivasi warga untuk ikut mengembangkannya secara bersama, dengan saling menopang. Sehingga penyediaan bahan dasar rendang tersebut bisa dikelola warga Latina sendiri. Mari kita hijaukan Latina dengan tanaman yang bermanfaat. Selain itu, Latina yang dilewati Batang Namang, diharapkan masyarakat bijaksana dalam pemeliharaan, termasuk menjaga pembangunan normalisasi Batang Namang yang sudah dapat kita nikmati bersama, untuk peningkatan ekonomi warga.

Situasi dan kondisi nyata saat ini, lahan semakin sempit sementara jumlah penduduk semakin bertambah. Mari kita bijaksana, jaga aset usahakan jangan dijual habis untuk pengembangan properti. Ingat kita masih punya keturunan, kelola lahan untuk meningkatkan ekonomi. Dan yang perlu kita pikirkan ke depan adalah ketersediaan pandam umum milik kecamatan, milik kelurahan dan sebagainya.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Walikota, Erwin Yunaz saat bersilaturrahmi dengan warga Kelurahan Padang Sikabu disela pencanangan Program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) kelurahan ini. Tampak hadir dalam pencanangan ini, Camat Latina, David Bachri, Anggota DPRD Syafrizal, Lurah Padang Sikabu, Mirawati, Ketua KAN Parambahan, W. Dt. Tan Marajo dan tokoh masyarakat lainnya.

Anggota DPRD, Syafrizal yang juga putra pribumi Lamposi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dengan kebersamaan dan kekompakan masyarakat. Safrizal berharap, kebersamaman dan kekompakan harus tetap terjaga, karena hal tersebut adalah modal besar untuk maju bersama.

“Pembangunan takkan berjalan lancar tampa ada dukungan dari masyarakat. Mari kita jadikan Padang Sikabu sebagai sentral pangan, khususnya untuk masyarakat Lamposi,” tutur Syafrizal.

Camat Latina, David Bachri didampingi Lurah, Mirawati, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Walikota serta ikut makan bersama warga dalam pencanangan BBGRM di kelurahan ini.

“Sejak BBGRM dicanangkan di Kec. Latina tanggal 26 November 2017 lalu, kelurahan yang ada di kecamatan ini secara bersama melakukan gotong royong lingkungan, termasuk yang kita laksanakan saat ini. Padang Sikabu, sejak dibenahi Batang Pulau, wilayah kita ini sering dijadikan sebagai areal pre-wedding oleh para fotografer. Kepedulian berkampung masih tinggi dan kepedulian harus terus di pupuk. Semua rencana yang mengandung kebaikan bersama, mari kita ranjang dan diusulkan di musrenbang secara bertingkat,” sambut David.

Bacarito Sasudah Makan, salah seorang tokoh masyarakat, W. Dt. Tan Marajo yang juga Ketua KAN Parambahan kepada Wakil Walikota berharap Pemko Payakumbuh semakin dekat dengan warganya.

“Warga Padang Sikabu siap menampung apa saja pembangunan yang akan diterapkan di nagari ini, pembangunan itu tentunya pasti akan menunjang perekonomian masyarakat. Selain membangun fisik, kami juga berharap kepada Pemko Payakumbuh juga mendukung kegiatan masyarakat. Selain itu kami juga berharap ada penerapan teknologi baru untuk petani yang ada di kelurahan kita ini, karena masyarakat disini mayoritas petani,” harap Ketua KAN.

Mendengarkan usulan yang disampaikan Ketua KAN Parambahan,  Wakil Walikota mengajak Camat beserta tokoh masyarakat untuk meninjau pembangunan normalisasi Batang Pulau yang sudah rampung. Bersamaan dengan itu, Erwin Yunaz juga meninjau areal persawahan yang ada disekitar kantor lurah Padang Sikabu.ul