Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Dalam rangka meningkatkan partisifasi masyarakat pada Pemilihan Umum 2019, KPU Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan kegiatan jemput bola langsung turun ke pusat keramaian, seperti di Pasar Sarilamak, Selasa (10/7). Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Indiehome Telkom Harau.
Kordiv Program dan Data KPU Kabupaten Limapuluh Kota Eka Ledyana didampingi Kasubag Program dan Data Indrawarman menyatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum terdaftar di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang terjadi hampir di seluruh nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

Kegiatan sosialisasi DPS yang pertama kali dilaksanakan ini, KPU Limapuluh Kota sengaja mengandeng Indiehome Plasa Telkom Harau, sehingga masyarakat bisa mengecek lansung apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Sosialisasi ini juga memberikan kemudahan kepada warga, disamping melakukan koreksi terhadap data-data pemilih sesuai dengan dokumen kependudukan.

“Hanya dengan cara memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke petugas Election Corner (Pojok Pemilu), bisa terpantau secara langsung apakah sudah terdaftar atau belum,” ujar Eka Ledyana.

Supervisor plasa telkom Harau, Rosaidi (djarot) juga menyambut baik kerjasama ini, karena sama-sama bertujuan untuk mengumpulkan masyarakat. “Masyarakat yang datang bisa mengecek DPS, sedangkan kami tetap bisa berjualan Indiehome,”ujar Rosaidi.

Lebih lanjut, Eka Ledyana yang didampingi Devisi Teknis dan Hukum, Amfreizer, menambahkan dari sosialisasi Election Corner ini, KPU akan melakukan perbaikan Daftar Pemilih Sementara paling lambat 22 Juli 2018 dan selanjutnya mengumunkan DPS hasil perbaikan untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarkaat dari tanggal 22 hingga 29 Juli 2019.

“Hingga tanggal 17 Juni lalu, KPU Lima Puluh Kota telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara 263.660 yang terdiri dari 128.588 pemilih laki-laki dan 135.072 pemilih perempuan yang tersebar di 1.256 TPS di 79 Nagari. (***)