Pesisir Selatan ,BeritaSumbar.com,- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan lakukan percepatan Pembangunan Fasilitas penunjang jaringan komunikasi data berupa penempatan fasilitas mini tower wireless dan integrasi jaringan berbasis elektronik jumat s.d minggu (22 s.d 24/03) bertempat di Kec Ranah Ampek Hulu Tapan dan Kec. Silaut.

Tim yang terdiri dari Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Govermen Syafrudin, Kasi Pengembangan Infrastruktur dan Teknologi Yarisman dan rombongan langsung bergerak cepat melakukan pemetaan wilayah di Nagari Talang Balirik, Nagari Limau Purut dan Nagari Gambir Sako Kec. Ranah Ampek Hulu Tapan, dari hasil pemetaan itu akhirnya Mini Tower Wireless ditempatkan di Pos Retribusi Panada.

“Mini Tower wireless (MTW) kita tempatkan di Pos Retribusi Panada Milik Dinas Perhubungan, MTW ini lah yang nantinya berfungsi untuk memancarkan sinyal jaringan komunikasi data elektronik yang akan diterima dari Nagari Talang Balirik dan dipancarkan ke Nagari Sungai Gambir Sako”, ujar Syafrudin disela pemasangan alat pemancar.

Selanjutnya pada hari kedua tim bergerak menuju Kecamatan Silaut tepatnya di KTM Silaut dan Nagari Lubuk Bunta Silaut, berada di Nagari Lubuk Bunta tim langsung melakukan Pointing, Routing dan Setting jaringan peralatan Radio Wireless dengan memanfaatkan teknologi Rocket M5 yang terpasang pada Mini Tower Wireless TIK di Kantor Wali Nagari Lubuk Bunta Silaut.

“Beberapa settingan telah kita lakukan, untuk saat ini Jaringan SmartCity Pesisir Selatan sudah terintegrasi dengan baik pada 4 Nagari, Nagari Silaut, Nagari Lubuk Bunta Silaut, Nagari Sungai Sirah, dan Nagari Talang Binjai”, jelasnya.

Sementara ditempat terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME mengatakan pekerjaan pemetaan jaringan dan integrasi jaringan komunikasi data tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur TIK di Kabupaten Pesisir Selatan untuk tahun anggaran 2019.

“Targetnya 4 mini tower wireless TIK harus berdiri di Kabupaten Pesisir Selatan yang berfungsi sebagai akses lalu lintas data elektronik di Pemda Pessel, itu target yang harus kita capai, dengan begitu apapun jenis layanan yang diterapkan pemerintahan nagari akan bisa di nikmati oleh masyarakat,” tutupnya.(pesisirselatankab.go.id)

loading...