Agam, BeritaSumbar.com,-Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemkab. Agam melalui Dinas Kesehatan terus mengajak masyarakat konsumsi sayur dan buah-buahan serta olahraga teratur.

Langkah itu juga menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2017 terkait Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat.

Hal itu ditegaskan kembali oleh Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. Indra, pada BeritaSumbar.com saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jum’at (10/8) di Lubuk Basung.

Lebih lanjut Indra mengatakan, Germas suatu tindakan terencana bersama-sama seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Germas ini akan terus disosialisasikan tanpa henti, karena populasi dan gaya hidup manusia akan terus bertambah sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Terkait hal itu, guna meningkatkan hidup sehat masyarakat harus bekerjasama dengan multisektor.

“Paling penting lakukan aktifitas fisik, konsumsi gizi seimbang dan setiap harinya masyarakat harus mengkonsumsi buah dan sayur,” jelas Indra.

Menurutnya, langkah ini telah diterapkan dengan baik oleh Pemkab. Agam dalam setiap sosialisasi program kesehatan yang mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Tidak hanya itu, Germas hidup sehat bisa dilakukan dengan memeriksakan kesehatan secara berkala, serta melakukan pemberantasan jentik nyamuk.

Seperti kegiatan fisik dilakukan melaksanakan olahraga senam, mengkonsumsi gizi seimbang dengan melakukan penyuluhan 10 pesan gizi seimbang.(fadil)