BeritaSumbar.com- Multaqa Du’at III yang dihadiri ratusan da’i dan ulama dari Asia Tenggara, Afrika dan Eropa secara resmi ditutup Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kamis (20/7/2017). Acara yang dipusatkan di Hotel Grand Inna Padang ini melahirkan “Deklarasi Padang”, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah disaksikan para peserta dan undangan penting lainnya.

Walikota Mahyeldi mengatakan, pertemuan para ulama dan da’i di Kota Padang ini merupakan berkah. Dari pertemuan ini lahir deklarasi yang menguatkan kembali komitmen persatuan umat Islam.

“Pertemuan ini menjadi berkah karena menguatkan kembali komitmen umat yang satu dengan lahirnya Deklarasi Padang,” kata Mahyeldi usai acara penutupan Multaqa III Da’ dan Ulama se Asia, Afrika dan Eropa.

Deklarasi Padang yang memuat 6 butir mewujudkan umat Islam sebagai umat yang satu dan mengajak umat Islam berperan aktif mewujudkan sikap solidaritas serta proaktif menyelesaikan perselisihan yang terjadi dakam tubuh umat. Juga mengarahkan umat agar terhindar dari pemikiran ekstrim kanan maupun ekstrim kiri.

“Deklarasi ini guna mendorong persatuan dan solidaritas umat dalam mengatasi kesulitan dan kezaliman,” sebut Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM), Muhammad Shiddieq yang hadir sebagai peserta Multaqa menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, persatuan umat merupakan agenda terpenting dalam cara tersebut. Acara multaqa yang diselenggarakan oleh Yayasan al-Manarah al-Islamiyah Arab Saudi dan Pemerintah Kota Padang ini merupakan momen penting dan bersejarah berkat karunia Allah SWT. “Betapa tidak, ulama dan da’i dari berbagai negara, warna kulit, bahkan lintas harakah, semuanya bisa berkumpul dalam acara yang sangat mulia ini,” ujar Shiddieq.

“Melalui pertemuan ini, kita berharap persatuan dan kesatuan umat Islam baik secara nasional maupun internasional Insya Allah akan semakin kuat. Mari kita bangun kebersamaan dan tumbuhkan persatuan di tengah-tengah umat. Dengan demikian Islam dan Kaum Muslimin akan terus berjaya,” tukuk putera Payakumbuh ini.

Shiddieq menghimbau kepada kaum muslimin agar selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang bermanfaat menuju kebersamaan dan persatuan umat Islam. Semoga yang terlibat mendapatkan pahala di sisi Allah. kita bangun persatuan dan kebersamaan di tengah tengah umat Islam.

MUI Hadiri Pertemuan Ulama dan Da’i

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Yunahar Ilyas hadir dalam pertemuan Ulama dan Da’i Internasional. Pasca menjadi pembicara di Multaqa Da’i dan Ulama, Yunahar Ilyas optimis persatuan umat akan terjalin. Yunahar menyampaikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya Pertemuan Ulama Dunia di Padang. Menurutnya, MUI berharap agar acara seperti pertemuan ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang. Di hadapan ratusan peserta pertemuan yang hadir, Yunahar menyampaikan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah dan juga peran dan fungsi MUI.