Dengan Pesantren ramadhan,tingkatkan keimanan dan ketaqwaan generasi muda

119
Payakumbuh,Beritasumbar.com-Siswa merupakan sumber daya insani potensial bagi pembangunan bangsa kedepan. Oleh sebab itu, perlu pembinaan yang berkesinambungan dan dikembangkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, khususnya dalam hal keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta budi pekerti luhur, khususnya di sekolah, diupayakan dicapai melalui mata pelajaran Agama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan.
Hal ini karena agama merupakan landasan moral, etika, dan spiritual yang kuat untuk pembangunan bangsa. Namun demikian, dewasa ini dirasakan bahwa mata pelajaran Agama di sekolah masih kurang, terutama jumlah jamnya yang sangat terbatas sehingga tujuan pendidikan agama di sekolah sulit untuk dicapai.
Hal ini juga tercermin dari rendahnya prilaku hidup beragama antarsiswa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melengkapi kekurangan tersebut perlu diciptakan kegiatan sekolah dalam waktu tertentu di luar jam pelajaran yang mengarah pada peningkatan keimanaan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama. Kegiatan yang dimaksud salah satunya melalui pesantren Ramadhan.
Demikian dikatakan kepala sekolah SMKN 3 Payakumbuh Drs. Dafrimal. MSi ketika dia mengontrol siswa yang tersebar di beberapa masjid Payakumbuh, kemarin.
Dejelaskan Dafrimal, Pesantren Ramadhan secara umum, yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat ulama/ustadz yang mendidik dan mengajar para siswa dengan menggunakan sarana masjid.                                                                                                                                                                                                                                                                        
Beberapa nilai yang terkandung dalam tata cara kehidupan pesantren Ramadhan, antara lain adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan. Adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan dan adanya peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.
Pesantren Ramadhan ini adalah salah satu wadah alternatif kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Bagi siswa yang beragama Islam dengan pola dan tata cara kehidupan pesantren yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
        Dengan adanya pelaksanaan  Pesantren Ramadhan bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
        Kemudian, dengan adanya kegiatan pesantren Ramadhan memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran.
        “Seterusnya menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya, “ujar Dafrimal.